Minggu, 19 Juni 2016

PRAHA

KBRI PRAHA PROMOSI INDONESIA FESTIVAL EKSPORT CEKO
     Zeynita Gibbons
   
   London, 19/6 (Antara) - Duta Besar RI di Praha, Aulia Aman Rachman mengatakan berbisnis dan berinvestasi di Indonesia menjadi semakin mudah, setelah Pemerintah meluncurkan 12 paket kebijakan ekonomi dalam satu tahun terakhir.
        Hal itu disampaikan Dubes Aulia Aman Rachman pada rangkaian pembukaan Festival Ekspor Ceko (Czech Export Festival) di Praha, demikian Fungsi Pensosbud KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Minggu.
        Dubes Aulia mengatakan iklim investasi Indonesia saat ini semakin baik, terbukti dengan diperolehnya rating "BBB+" oleh Standard & Poor's baru-baru ini. Kebijakan perdagangan Indonesia diarahkan untuk meningkatkan ekspor ke luar negeri.
        Festival Ekspor Ceko kegiatan promosi perdagangan, pariwisata dan investasi secara resmi dibuka Presiden Ceko, Milo Zeman yang dalam sambutannya menyebutkan ekspor menjadi salah satu faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi Ceko.
         Oleh karena itu, pihaknya selalu mendukung setiap aktivitas  mendorong aktivitas ekspor, termasuk melalui peningkatan jejaring melalui Festival Ekspor Ceko.
        Sementara itu Menteri Industri dan Perdagangan Ceko, Jan Mládek menegaskan pembukaan pasar nontradisional menjadi salah satu prioritas pemerintah Ceko. Eksplorasi dilakukan melalui pengiriman misi bisnis ke negara-negara potensial.
        Dikatakannya misi bisnis dipimpin Presiden, Perdana Menteri atau Menteri. Seperti Menteri Luar Negeri Ceko, Lubomir Zaorálek, memimpin misi bisnis ke Indonesia pada Februari lalu.
        Partisipasi KBRI pada Festival Ekspor Ceko sejalan dengan prioritas diplomasi ekonomi saat ini, yang gencar promosi perdagangan, pariwisata dan investasi Indonesia di Ceko.
        Pada Festival Ekspor Ceko, KBRI Praha menampilkan berbagai contoh produk unggulan Indonesia, seperti makanan olahan, minyak sawit, kopi, teh, tekstil dan batik, kerajinan tangan, hiasan berbasis kayu, suku cadang kendaraan bermotor, serta kekayaan tujuan wisata Indonesia.
        Untuk mendukung diplomasi kuliner, di Festival Ekspor KBRI Praha menyajikan rendang daging sapi yang dipadukan dengan ketupat. Tidak kurang dari 10 kg rendang yang didatangkan langsung dari Indonesia diminati pengunjung Festival.
        Meskipun cukup pedas, respon yang diterima dari pengunjung terhadap rendang adalah positif. Mereka menyukai rasa rendang yang dipandang unik dan khas. Sajian yang juga mendapat tanggapan positif adalah kopi asal Indonesia.
        KBRI Praha menyajikan kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak kurang dari lima kilogram biji kopi yang disangrai secara khusus untuk promosi habis tersaji pada kegiatan Festival.
        Sementara itu untuk semakin memperkenalkan potensi produk tekstil, terutama batik, di samping memajang contoh kain batik, KBRI Praha juga menggandeng mantan peserta program Dharmasiswa untuk memperagakan pembuatan batik.
        Dari hasil Festival Ekspor terdapat beberapa permintaan informasi dan penjajagan lebih lanjut untuk berbisnis di Indonesia, seperti bisnis furniture dan kopi.
        Festival Ekspor Ceko adalah kegiatan pameran bidang perdagangan yang diselenggarakan CzechInno, lembaga nir-laba asal Ceko bertujuan untuk mendorong dan mendukung semangat kewirausahaan di Ceko, dan juga mendorong untuk peningkatan hubungan bisnis antara Ceko dengan negara lain.
        CzechInno berada di bawah naungan Kementerian Industri dan Perdagangan Ceko. Tahun 2016 adalah penyelenggaraan ke-empat, Presiden Ceko selalu hadir membuka secara resmi kegiatan pameran yang diselenggarakan setiap tahun.
    ***3*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 19-06-2016 09:25:02

Tidak ada komentar: