Kamis, 17 Mei 2018

CANNES

ARTIS CATE BLANCHETT JADI KETUA DEWAN JURI FESTIVAL FILM CANNES
     Zeynita Gibbons

     London 6/5 (Antara)- Aktris berkebangsaan  Australia Catherine Élise Blanchett (48) yang  dikenal dengan Cate Blanchett peraih penghargaan Academy Award dan Golden Globe terpilih sebagai Ketua Dewan Juri pada Festival Film Cannes (FFC)  menggantikan sutradara film Spanyol, Pedro Almodóvar   di Palais des Festivals et des Congrès, di Cannes, Prancis yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 19 Mei mendatang.
          Cate Blanchett yang mulai berkarier di dunia film sejak tahun 1997 dalam film Parklands dan pada Film Oscar and Lucinda yang berpesan sebagai Lucinda Leplastrier dinominasi sebagai artis pendatang dalam Australia Film Institute dan baru pada film Thank God He meet Lizzie, Blanchett
berhasil terpilih sebagai   Best Supporting Actress.
         Sementara Benicio Del Toro terpilih sebagai Presiden Juri untuk penghargaan Un Certain Regards  menggantikan Uma Thurman dalam memimpin juri, demikian keterangan diperoleh Antara London dari panitia penyelenggara Festival Film Cannes.
          Para aktor dan artis dari seluruh dunia akan berdatangan dalam akhir pekan untuk menghadiri festival film paling bergensi yang sudah berlangsung untuk ke 71 kalinya dan pastinya 
mempersiapkan diri untuk berjalan di karpet merah  dikenal dengan Red Carpet di Palais des Festival et des Congrès, sebagai penghargaan bergengsi  dalam dunia sinematografi.
          Cate Blanchett yang merasa mendapat kehormatan menjadi ketua dewan juri itu terus menanjak pada tahun 1998 ia meraih penghargaan Golden Globe sebagai artis terbaik untuk film Elizabeth. Pada tahun berikutnya ia mendapat penghargaan BAFTA untuk film yang sama  sebagai Best Actress.
          Karir Cate Blanchett terus menanjak dimana ia meraih penghargaan Goldene Kamera atau German award sebagai Best Actress. Sedangkan dalam  film The Lord of the Ring: The Return of the King, ia tercatat  sebagai Best Ensemble Cast dan pada penyelenggaraan Academy Award tahun 2005 iapun keluar  sebagai Best Supporting Actress untuk film The Aviator.

        Dalam festival film Cannes yang bisa mengalahkan Oscar, itu adalah Festival Film yang dikenal di Perancis untuk memberikan platform kepada direktur dan pemain yang datang dari seluruh dunja. Tidak ada upacara penghargaan lain dari ukurannya untuk merayakan banyak genre film dari seluruh penjuru dunia selain festival film Cannes. Tidak hanya upacara penghargaan, pemutaran perdana film-film yang bersaing dalam kategori utama untuk meraih Palm d'Or  sepanjang minggu.  (ZG)*****4*****  

Tidak ada komentar: