Kamis, 17 Mei 2018

CANNES

SELFIE DILARANG DI RED CARPET FESTIVAL FILM CANNES
     Zeynita Gibbons


      Cannes,9/5 (Antara) - Swaphoto atau selfie dengan cara  mengambil foto sendiri pada saat berjalan di karpet merah Red Carpet selama penyelenggaraan Festival Film Cannes khususnya saat pemutaran film perdana yang dimulai Selasa malam dilarang keras  .
        Hal itu diungkapkan  pejabat festival film Cannes, Thierry Fremaux, yang mengatakan selfie di karpet merah  dilarang di acara yang bertabur para bintang film tahun ini dan memang acara berlangsung dengan tertib, kecuali kilatan lampu camera para wartawan yang meliput acara pembukaan festival film Cannes yang dimulai Selasa.
          Dalam acara konperensi pers yang digelar sehari sebelum Thierry Fremaux kepada wartawan dari manca negara menyebutkan bahwa bagi pelanggar tidak akan diizinkan menonton film,¿ ujarnya.
          Dikatakannya biasanya saat pengunjung festival mengambil foto narsis saat  menaiki tangga berkarpet ke tempat Riviera Prancis, semuanya menjadi "tidak teratur" dan program "berjalan terlambat."
    Tapi sebagai penjaga salah satu acara budaya paling glamor di dunia, Fremaux juga memiliki masalah estetika: "Ini tidak indah. Ini aneh. Ini konyol dan kami ingin mengembalikan sedikit kesopanan, ujarnya.
          Menurut Fremaux mengabaikan selfie bukanlah hal baru. Dia sebelumnya telah berbicara menentang kegiatan tersebut, dan secara aktif mencoba untuk mencegahnya di masa lalu. Tapi tahun ini, Fremaux  menurunkan kakinya di media - dia pertama kali menyebutkannya ke majalah Le Film Français beberapa hari yang lalu.         
     Di karpet merah, aspek sepele dan melambat diprovokasi oleh gangguan yang selfies ini menciptakan tarnish kualitas yaitu pengalaman karpet merah dan festival secara keseluruhan, ujarnya.
         Namun, Fremaux menjelaskan bagaimana larangan itu akan diberlakukan. Festival Film Cannes tidak asing dengan aturan karpet merah arbitary. Pada tahun 2015, sekelompok wanita berpaling dari pertunjukan perdana Carol karena mereka tidak mengenakan sepatu hak atas dasar aturan sepatu tanpa sepatu. Insiden itu memicu kemarahan dari bintang-bintang termasuk Emily Blunt dan Kristen Stewart.
            Sementara itu Dini Kusmana Massabuau yang beberapa kali berjalan di karpet merah Festival Film Cannes kepada Antara London di Cannes mengatakan bahwa adanya larangan berselfie di Cannes tahun ini ada baiknya.
           ¿Kita datang ke festival  Film Cannes bertujuan untuk meliput atau mengikuti jalannya festival,¿ ujar ibu dua anak yang berangkat dewasa yang menetap di Perancis selama 18 tahun.
          Menurut Dini yang aktif dalam berbagai acara di Perancis kadang memang banyak yang berselfie ria jadi menghalangi kelancaran orang untuk masuk ke dalam gedung Palais de Festival tempat acara saat pemutaran film.

          Hanya saja saya bisa mengerti bagi yang mungkin hanya sekali bisa datang, tentunya ingin  mengabadikan foto di Red carpet itu adalah sesuatu yang penting. Karena Red carpet kan icon dari festival de Cannes, demikian Dini Kusmana Massabuau.(ZG)*****4****

Tidak ada komentar: