Jumat, 10 April 2009

58 WNI DI BUDAPEST IKUT PEMILU

Pemilu-- 58 WNI DI BUDAPEST IKUT PEMILU

London, 10/4 (ANTARA) - Pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilihan Umum Anggota DPR periode 2009- 2014, daerah pemilihan DKI Jakarta 2 digelar di Aula KBRI Budapest, Hungaria, Kamis diikuti sebanyak 58 orang pemilih yang memberikan suaranya secara langsung.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 KBRI Budapest mulai pukul 10.00 berakhir jam 16.00 langsung dilakukan penghitungan suara, ujar Sekretaris III Pensosbud KBRI Budapest Shinta Hapsari pada Antara London, Kamis malam.

TPS 1 Budapest melayani seluruh warga Indonesia memiliki hak pilih yang berada di wilayah Republik Hungaria, Republik Kroasia, Bosnia Herzegovina dan Republik Makedonia.

Shinta Hapsari menjelaskan Pemilu diawali dengan rapat berlangsung dengan lancar dan dihadiri sebagian besar pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) pada KBRI Budapest.

Sesuai dengan prosedur yang ditetapkan KPU, sebelum acara dilakukan pengambilan sumpah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) dan petugas keamanan TPS oleh Ketua KPPSLN yang ditunjuk PPLN Budapest.

Dikatakannya acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai beberapa hal yang penting seperti cara pencentangan yang dapat dianggap sah dan tidak sah.

Penjelasan dianggap penting karena meskipun beberapa kali dilakukan sosialisasi, masih terdapat pertanyaan dari pemilih mengenai pemberian suara yang benar, terutama pencentangan tanda gambar yang dapat diterima.

Setelah penjelasan singkat, rapat pemungutan suara dilanjutkan dengan pemberian suara yang ditandai Dubes RI Budapest sebagai pemilih pertama.

Pada DPT PPLN Budapest terdapat lebih dari 100 orang, namun sebagian pemilih memilih memberikan suaranya melalui pos karena jarak domisili yang jauh dari TPS atau berdomisili diluar wilayah Hungaria, demikian Shinta Hapsari. ***1***

ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 10-04-2009 07:54:50

Tidak ada komentar: