Kamis, 09 April 2009

DEMOKRAT MENANG DI ITALIA

DEMOKRAT MENANG DI ITALIA

London, 10/4 (ANTARA) - Partai Demokrat memimpin perolehan suara pada perhitungan suara pemilihan umum, Kamis yang menarik minat wartawan dan media masSa Italia untuk meliput secara langsung di TPSLN Roma.

Dari 158 warga Indonesia yang memberikan hak suara, Partai Demokrat meraih 39 suara, diikuti Partai Keadilan Sejahtera 34 suara dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 22 suara, kata Counsellor KBRI Roma Musurifun Lajawa kepada koresponden Antara London, Kamis malam.

Musurifun Lajawa mengatakan hasil perolehan suara untuk Partai Golongan Karya (12), Partai Damai Sejahtera (11), PAN (4), Partai Kebangkitan Bangsa (3) Partai Perjuangan Indonesia Baru (3), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (2), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (2).

Musurifun Lajawa, pejabat Penerangan KBRI Roma itu mengatakan meskipun masyarakat yang memberikan hak suara di TPSLN Roma tidak begitu banyak, namun mereka tampak antusias mengikuti proses pemilihan umum.

Sebagian masyarakat harus tetap bekerja meminta izin dari tempat pekerjaanya untuk menggunakan hak suara pada pagi hari. TPSLN dibuka dari 7.30 pagi sampai 3.30 sore, ujarnya.

Masyarakat yang datang ke TPSLN banyak juga mengajak anak-anak untuk ikut menyaksikan secara langsung pelaksanaan pesta demokrasi Indonesia di Roma.

Bahkan warga Indonesia yang menikah dengan berwarganegara Italia mengajak suami ke TPSLN dan berkenalan dengan masyarakat Indonesia lainnya.

Sebagian pemilih tetap berada di TPSLN untuk menyaksikan perhitungan suara yang berlangsung dalam suasana meriah.

Menurut PPLN Roma, jumlah WNI di Italia, Malta dan Siprus yang mempunyai hak pilih sebanyak 1.286 orang.

Khusus untuk Roma, tercatat 371 orang yang mempunyai hak pilih, namun hanya 158 orang yang menggunakan haknya di TPSLN karena sebagian tidak dapat meninggalkan pekerjaan.

Untuk WNI yang tinggal di luar kota Roma, termasuk di Malta dan Siprus, pemilihan dilakukan melalui pengiriman surat suara lewat pos.

Penghitungan suara hasil yang dikembalikan lewat pos akan dilakukan pada tanggal 19 April mendatang. Hingga Jumat , PPLN telah menerima 186 surat suara kembali lewat pos.

Selain di KBRI Roma, pemilu legislatif juga dilangsungkan di KBRI Vatikan bagi WNI yang berada di wilayah Tahta Suci Vatikan, demikian Musurifun Lajawa. ***1***

ZG/B/A011


(T.H-ZG/B/A011/A011) 10-04-2009 07:28:31

Tidak ada komentar: