Jumat, 17 April 2009

MENHAN DI PARIS

MENHAN BAHAS NUKLIR IRAN DI PARIS

London, 17/4 (ANTARA) - Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, dan Menhan Perancis, Herve Morin membahas masalah nuklir Iran, kehadiran pasukan Indonesia di Lebanon, dan peningkatan kerja sama pengadaan kebutuhan militer Indonesia.

Kehadiran Menhan Yuwono Sudarsono di Perancis adalah dalam rangka memenuhi undangan Menteri Pertahanan Perancis, kata Minister Consuler KBRI Paris Kusuma Nursiawati Habir kepada koresponden Antara London, Kamis.

Kusuma Nursiawati Habir menjelaskan kunjungan kerja Menteri Pertahanan Juwono itu dilakukan dalam upaya membina, meningkatkan dan mempererat hubungan bilateral dalam bidang pertahanan.

Selama kunjungan kerja ke Perancis dari 15 dan 16 April Menhan RI juga bertemu dengan pihak Renault Trucks Defense (RTD), pemasok tank pasukan perdamaian RI di Lebanon.

Prospek kerja sama dalam pengadaan kebutuhan angkatan militer Indonesia merupakan isu utama pertemuan Menhan dengan pimpinan RTD, ujarnya.

Pertemuan bilateral Menhan dengan Menhan Perancis terfokus pada prospek kerja sama bilateral, masalah nuklir Iran, dan kehadiran pasukan Indonesia di Lebanon.

Khusus mengenai masalah Lebanon, Perancis sangat menghargai partisipasi aktif pasukan Indonesia di Lebanon.

Diharapkan keberadaan pasukan Indonesia dapat tetap dipertahankan di negara tersebut setidaknya sampai situasi keamanan di Lebanon benar-benar pulih.

Dalam hal kerja sama bilateral . kedua belah pihak sepakat menjajaki bentuk-bentuk kerja sama yang konkret seperti pendidikan dan pelatihan untuk personil dan teknologi militer, seminar dan dialog bilateral .

Diantaranya dalam bidang pertahanan, penelitian dan pengembangan, komunikasi medan, dan pengembangan industri pertahanan.

Dalam hal ini, telah dibentuk semacam komite dari kedua belah pihak dan komite tersebut diharapkan menjadi wadah realisasi kerjas ama kedua negara.

Khusus mengenai pengembangan industri pertahanan, Menhan Perancis mengemukakan kemungkinan adanya bantuan dana dari perbankan Perancis untuk mengembangkan industri pertahanan dengan mengikutsertakan perusahaan Indonesia.

Selain itu , juga dijajaki kerja sama antara RTD dengan perusahaan di Indonesia dalam bidang produksi panser.

Selama ini , terdapat dua perusahaan Perancis yang beroperasi di Indonesia dalam bidang pertahanan, yakni European Aeronatic Defense and Space Company (EADS) dan Thales. ***3***

ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 17-04-2009 07:55:35

Tidak ada komentar: