Jumat, 17 April 2009

PROMOSI PARIWISATA

PROMOSI PARIWISATA DI UK ATISIPASI KRISIS

London, 16/4 (ANTARA) - Indonesia melakukan promosi pariwisata dengan mengelar festival budaya di Museum Hornoman, yang merupakan bagian dari promosi mengatisipasi krisis yang melanda dunia khususnya di Eropa dan terutama di Inggris.

Inggris merupakan salah satu pasar sangat besar bagi Indonesia, ujar Dirjen Sapta Nirwana kepada koresponden Antara London, Kamis,
Ia mengatakan, jumlah wisatawan Inggris yang datang ke Indonesia cukup besar dan diharapkan tahun ini bisa dipertahankan atau lebih meningkat lagi.

Menurut Dirjen, hubungan Indonesia dan Inggris selama ini cukup baik dan model promosi yang dilakukan tidak selalu monoton tetapi juga bermacam cara seperti "people to people" semacam festival budaya yang digelar di museum Hornoman.

Dengan target pasar tertentu seperti pengunjung museum dan juga para pengusaha yang ada di Inggris dan promosi tidak hanya sekali dalam setahun pada penyelenggaraan World Travel Market WTM yang digelar pada November lalu, tetapi juga dalam acara lainya.

Diharapkan promosi pariwisata Indonesia tidak saja diadakan pada saat WTM tetapi juga pada kesempatan lain seperti di museum yang sangat potensial yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat.

Ia mengatakan, setiap tahun jumlah wisatawan Inggris yang datang ke Indonesia terus meningkat, pada 2008 sebanyak 157 ribu atau naik 22 persen dibanding 2007 dan diharapkan tahun ini bisa mecapai 160 ribu.

Promosi pariwisata itu dilakukan dengan pendekatan yang berbeda seperti di Museum yang menjadi tempat pusat berkumpulnya masyarakat Inggris.

Berbeda dengan orang Indonesia, masyarakat Inggris kalau libur selalu berkunjung ke museuml."Salah satu edukasi yang sangat baik," ujarnya.

Sementara itu Kepala Pengembangan dan Pemasaran Museum Horniman Marcus Pugh mengatakan bahwa digelarnya festival budaya Indonesia menjadikan museum ramai dikunjungi masyarakat.

Anak-anak sangat menikmati pertunjukkan dan bahkan mereka ikut menari bersama, ujarnya. Museum Hornoman selain menggelar kesenian Indonesia juga pameran kerajinan perhiasan koleksi Mutumanikam.

Selain itu Museum Hornoman juga menyimpan koleksi batik Indonsia dan juga wayang. ***5*** (U-ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 16-04-2009 13:44:07

Tidak ada komentar: