Kamis, 09 April 2009

DEMOKRAT MENANG DI BULGARIA

DEMOKRAT MENANG DI BULGARIA

London, 10/4 (ANTARA) - Pesta demokrasi di jantung Balkan, Kamis berjalan aman, tertib dan lancar, meskipun hanya ada 39 warga yang yang berada di Bulgaria yang 11 di antaranya menyampaikan suara mereka lewat pos dan untuk sementara Partai Demokrat unggul .

Namun dengan antusias mereka, tidak kalah dengan lebih dari 170 juta warga Indonesia di tanah air dan di seluruh dunia yang memilih calon legislatif dari 38 partai politik bertanding dalam Pemilu kali ini untuk kursi DPR.

Sekretaris Tiga Socio-Cultural, Protocol & Consular Affairs KBRI Sofia, Aditya Timoranto kepada koresponden Antara London Kamis malam mengatakan, warga Indonesia di Bulgaria memilih anggota DPR dan suara mereka dihitung untuk daerah pemilihan propinsi DKI Jakarta II sebagaimana di 116 perwakilan RI lainnya.

Masyarakat Bulgaria dalam waktu dekat juga akan menyelenggarakan pesta demokrasi yaitu pemilihan untuk Parlemen Eropa tanggal 7 Juni dan Parlemen Nasional atau Narodno Sebranie dari tanggal 24 Juni hingga 5 Juli mendatang.

Bulgaria yang memiliki letak strategis di kawasan Eropa Tenggara, Balkan Barat dan Laut Hitam beralih dari sistem komunis ke demokrasi dan menyelenggarakan pemilu bebasnya yang pertama sejak tahun 1931 pada bulan Juni 1990, kata Aditya Timoranto.

Pemilu di Sofia dimulai pukul 09.00 diawali dengan rapat pemungutan suara dipimpin Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Sofia, Rachmat Pudjiyono, dan memandu pembacaan sumpah/janji anggota KPPSLN dan petugas keamanan TPSLN sesuai dengan ketentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pemungutan suara diikuti Dubes RI Sofia, Immanuel Robert Inkiriwang dan Ny Fely Rose Inkiriwang, Ketua PPLN Sofia, Adi Hartomo beserta anggota PPLN, para anggota TPSLN, serta pemilih lainnya.

Perolehan suara sementara, Partai Demokrat memperoleh enam suara diikuti Partai Golongan Karya, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Karya Peduli Bangsa yang masing-masing memperoleh tiga suara.

Sementara itu, Partai Gerakan Indonesia Raya memperoleh dua suara, sedangkan Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Penegak Demokrasi Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Damai Sejahtera, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Merdeka masing-masing memperoleh satu suara.

Calon legislatif yang memperoleh suara terbanyak adalah dr. Nova Rianti Yusuf dari Partai Demokrat dan Jerry A.K. Sambuaga, M.I.A. dari Golongan Karya masing-masing tiga suara.

Kemudian, Halida Nuriah Hatta dari Partai Gerakan Indonesia Raya dan Hadi Yusdiarto S.H., M.H. dari Partai Karya Peduli Bangsa masing-masing dua suara.

Sedangkan calon legialatif yang memperoleh satu suara adalah Drs. Marangin Silalahi dari Partai Demokrat, Hajjah Zahrina Nurbaiti dari Partai Keadilan Sejahtera, Ir. H. Adinoto dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Randi Lapian dari Partai Damai Sejahtera.

Selain itu, , Maya Indreswary dari Partai Merdeka, Irdam Ramli dari Partai Karya Peduli Bangsa, Ady Mansyur H, S.Pdi dari Partai Persatuan Pembangunan, Zainal Abidin N.Z., S.H. dari Partai Hati Nurani Rakyat, serta Hajjah Badrah Uyuni dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Hingga hari pemungutan suara tersebut, PPLN Sofia telah menerima 10 dari 11 suara yang dikirimkan melalui pos, yang penghitungannya akan dilakukan paling lambat 19 April mendatang.

Usai acara Dubes RI bersama para anggota PPLN dan KPPSLN, keluarga besar KBRI Sofia serta para pemilih lainnya menikmati hidangan makan siang yang disiapkan Dharma Wanita Persatuan KBRI Sofia.***1***

ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 10-04-2009 07:38:38

Tidak ada komentar: