Sabtu, 13 Juni 2009

INDONESIA SIAGA HADAPI PANDEMI

KOMNAS FBPI INDONESIA SIAGA HADAPI PANDEMI

London 13/6 (ANTARA) - Indonesia menyatakan siaga menghadapi fase 6 pandemi yang diumumkan Kamis (12/6) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Hal itu disampaikan Komite Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza (Komnas FBPI) Bayu Krisnamurthi kepada koresponden Antara London, Sabtu.

WHO menaikkan fase kedaruratan setingkat lebih tinggi dari sebelumnya fase 5 menjadi fase 6 (full pandemic) karena telah terjadi peningkatan kasus sebanyak 2441 orang dalam dua hari sejak Selasa.

Dilaporkan 74 negara serta lebih dari 27.000 kasus terkonfirmasi kasus influenza A (H1N1) 2009.

Menurut Dr. Bayu Krisnamurthi, WHO menekankan bahwa peningkatan status pandemi tersebut tidak berarti bahwa virus H1N1 2009 menjadi lebih mematikan dan juga tidak berarti bahwa manusia menjadi lebih mudah tertular.

Dikatakannya walaupun Indonesia sampai saat ini masih belum ada kasus terkonfirmasi H1N1 2009, namun pemerintah melalui Departemen Kesehatan sebagai instansi terdepan telah siap untuk menghadang masuknya penyakit tersebut ke Indonesia.

Komnas FBPI akan memberikan dukungan sepenuhnya dalam mengkoordinasikan sektor non kesehatan, tegas Dr. Bayu Krisnamurthi yang baru saja mengikuti pertemuan Global Pandemic Response Improving Internasional Co-ordinator yang digelar di Wilton Park Steyning, West Sussex, Inggris.
Dikatakannya, sesuai dengan Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza pada Fase 6, Indonesia menyiagakan langkah-langkah yaitu peningkatan proses pemeriksaan di seluruh pintu masuk, khususnya bandara/pelabuhan yang tinggi tingkat kunjungan wisata dari negara tertular.

Intesifikasi sosialisasi mengenai Business Continuity Plan ke perusahaan sebagai upaya meminimalisir kepanikan dari pemberitaan yang beredar serta mengaktifkan rencana kesiapsiagaan dan Respon Menghadapi Pandemi Influenza (NIPPRP).

Selain itu mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan sesuai dengan NIPPRP termasuk mengkoordinasikan sektor non kesehatan untuk langkah-langkah lebih lanjut Pesan Pemerintah yaitu selalu Ambil Tindakan TEPAT (Tetap tenang, Pahami penyakit flu, dan tanggap terhadap perubahan situasi), demikian Dr. Bayu Krisnamurthi yang juga Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan.

***5***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/A041/A041) 13-06-2009 19:36:21

Tidak ada komentar: