Kamis, 04 Juni 2009

MAHASISWA CHARLES UNIVERSITY PELAJARI INDONESIA

MAHASISWA CHARLES UNIVERSITY PELAJARI INDONESIA DI PRAHA

London, 4/6 (ANTARA) - Rombongan mahasiswa Universitas Charles Praha yang dipimpin Dekan Fakultas Pendidikan, Dr. Jan Siska mengadakan kunjungan ke KBRI Praha, tertarik untuk mempelajari Indonesia.

Mereka sangat tertarik mendengarkan penjelasan perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Ceko, kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, kepada koresponden ANTARA London, Kamis.

Azis Nurwahyudi mewakili Duta Besar Salim Said dalam pertemuan itu menjelaskan, perkembangan hubungan kedua negara sejak awal kemerdekaan sampai saat ini semakin erat.

Hubungan yang sudah lama terajalin itu, disampaikan dengan adanya produk sepatu Bata di Indonesia yang ternyata berasal dari Ceko, dan banyaknya alat mesin merk Skoda yang sejak dahulu dipergunakan di berbagai pabrik gula di Indonesia.

Azis Nurwahyudi juga menjelaskan upaya KBRI Praha dalam mempererat hubungan masyarakat kedua bangsa melalui berbagai kegiatan seperti kunjungan pejabat, penampilan kelompok kesenian, pameran produk dan kerajinan, festival film Indonesia serta seminar.

Dalam pertemuan itu, Baby Poernomo, mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di Ceko melalui program beasiswa Erasmus Mundus menjelaskan, sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

Penjelasan yang komprehensif disertai foto kegiatan mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia, menarik perhatian mahasiswa Universitas Charles Praha. Sebagian besar di antara mereka menyadari universitas di Indonesia memiliki fasilitas pendidikan yang maju.

Mahasiswa memenuhi Aula KBRI Praha tidak saja dari Praha, tetapi juga mahasiswa asing dari Oman, Malaysia, Bangladesh, dan Sierra Leon yang mendapat beasiswa Erasmus Mundus di Universitas Charles, serta mantan penerima Beasiswa Darmasiswa yang pernah belajar di Indonesia.

Para mantan peserta Darmasiswa tersebut, menjelaskan kepada mahasiswa yang hadir mengenai pengalaman mereka selama satu tahun belajar di Indonesia melalui program Darmasiswa.

Mantan penerima Darmasiswa menjelaskan, selain belajar di salah satu universitas, mereka juga mempelajari adat dan budaya bangsa Indonesia.

Hal itu membuat mereka dapat menerima berbagai perbedaan dan mengenal lebih jauh tentang Indonesia yang dinilai sebagai suatu negara yang cantik dan penduduknya ramah.

Untuk lebih mendekatkan Indonesia kepada mereka, ditampilkan pula tari Topeng Bali oleh Ary Aryantha dan disajikan makanan khas Indonesia.
Pada akhir acara, KBRI Praha memberikan kenang-kenangan sebuah Plakat Garuda Pancasila sementara pihak Universitas Charles memberikan buku informasi mengenai universitas tersebut. ***5*** (U-ZG)

(T.H-ZG/B/C004/C004) 04-06-2009 07:18:13

Tidak ada komentar: