Selasa, 16 Juni 2009

Tarian Indonesia Dapat Penghargaan di Bulgaria

Tarian Indonesia Dapat Penghargaan di Bulgaria

Selasa, 16 Juni 2009 18:06 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 150 kali
London (ANTARA News) - Kelompok tim kesenian tari Pesona Mawar Nusantara (PMN) yang membawakan tari Lenggang Nyai, tari Puspita dan tari Bajidor Kahot mendapat penghargaan khusus dalam festival internasional folklore yang di gelar di kota Pavel Banya, 185 km dari ibukota Bulgaria, Sofia.

Penghargaan itu diserahkan dalam acara penutupan festival internasional folklore yang digelar di alun alun kota Kota Pavel Banya dihadiri Walikota Pavel Banya, Stanimir Radevski, Deputi Menteri Luar Negeri Bulgaria, Radion Popov.

Sekretaris Ketiga, Sosial Budaya, Protokol dan Konsuler KBRI Sofia, Bulgaria, Aditya Timoranto, kepada Antara London, Selasa mengatakan Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang dan beberapa Dubes asing lainnya seperti Aljazair, India, Korea Utara, Maroko, Saudi Arabia, Syria, Palestina, dan Sudan hadir sebagai tamu kehormatan Walikota Pavel Banya.

Dikatakannya penari binaan KBRI Sofia yang terdiri dari pelajar Bulgaria tampil mempesona dalam International Folklore Festival yang merupakan bagian dari Festival of Roses and Mineral Water.

International Folklore Festival diikuti tim kesenian dari berbagai kota di Bulgaria serta tim kesenian dari Indonesia, Mekedonia dan Rusia merupakan kegiatan tahunan di Kota Pavel Banya yang hanya berpenduduk sekitar 3.000 jiwa.

Sebelum acara penutupan seluruh peserta mengikuti karnaval yang melintasi jalan-jalan utama di pusat Kota Pavel Banya yang berakhir di alun-alun tempat penyelenggaraan penutupan festival.

Pada kesempatan pertemuan dengan Dubes RI, Walikota Pavel Banya, Stanimir Radevski, menyampaikan penghargaan dan terima kasih partisipasi KBRI pada Festival of Roses and Water.

Walikota menyampaikan kekagumannya terhadap keindahan gerak dan konstum tarian Indonesia yang dibawakan penari yang tergabung dalam PMN.

Dikatakannya selama ini ia hanya tahu Indonesia melalui televisi, dengan partisipasi KBRI, khususnya pertunjukan kesenian Indonesia yang dibawakan PMN membawa Indonesia lebih dekat di hati masyarakat Pavel Banya.

Dalam kesempatan itu Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas undangan dan keramahtamahan Walikota Pavel Banya.

Diharapkannya festival kali ini merupakan awal dari kerjasama antara KBRI dan Pemerintah Kota Pavel Banya, khususnya dalam kegiatan-kegiatan mempromosikan Indonesia.

Kota Pavel Banya terletak di propinsi Stara Zagora dikenal sebagai salah satu daerah penghasil minyak mawar dan memiliki sumber air mineral yang dikenal punya khasiat menyembuhkan penyakit di persendian. Festival tahunan dinamai Festival of Roses and Mineral Water. (*)

COPYRIGHT © 2009

Tidak ada komentar: