Minggu, 14 Juni 2009

"PESTA RAKYAT" KOTA ROBINHOOD

"INDONESIAN FESTIVAL" JADI "PESTA RAKYAT" KOTA ROBINHOOD

London, 14/6 (ANTARA) - Ratusan masyarakat Indonesia dari berbagai daerah di Kerajaan Inggris mengikuti "Indonesian Festival" yang menjadi "pesta rakyat" di Kota Robinhood yang digelar Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) UK dengan dukungan KBRI London di University Park, University of Nottingham, Nottingham (13/6).

"KBRI London mendukung setiap kegiatan yang dilakukan masyarakat dan juga pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI UK," ujar Counsellor Pensosbud KBRI London Herry Sudradjat kepada koresponden ANTARA London, Minggu.

"Indonesian Festival 2009" itu menggelar berbagai hiburan dan olahraga serta berbagai makanan khas Indonesia yang dapat menjadi "obat kangen" dengan Tanah Air.

Misalnya, Dono Widiatmoko yang membuka Warung Bakso Ronaldono yang juga menjual tempe dan telur asin laris manis sebelum acara dimulai sudah mendapat banyak pesanan.

Menurut panitia penyelenggara, Amika Wardhana, Indonesian Festival merupakan program kerja PPI-UK, dengan PPI Nottingham dan IndoSoc/IndoNottS yang didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia.

"Indonesian Festival" yang pada tahun 2005 dikenal dengan nama "PulKumpul" adalah kegiatan yang telah menjadi tradisi di kalangan insan pelajar dan warga Indonesia di UK.

Acara "Indonesian Festival" bertujuan membangun jejaring dan melepas kepenatan pelajar serta warga Indonesia di UK serta mengajak masyarakat berkompetisi di pertandingan Indogames dengan menghadirkan nuansa Indonesia dalam acara "Pesta Rakyat."
"Setiap tahunnya "Indonesian Festival" dihadiri kurang lebih lima ratus warga Indonesia dan warga lokal," ujar Amika Wardhana, alumni di Uni. Nottingham tahun 2007 yang kini menjadi mahasiswa Pascasarjana Uni. Essex .

Stand makanan merupakan tempat yang banyak diburu pengunjung itu juga menjual bahan makan seperti mie instan, kecap, bumbu masak instan, dan teh kotak oleh supermarket "East West Oriental" milik pengusaha minang, Aak Firdaus dari Wolverhampton.

"Di Indofestival Nottingham 2009 itu, mari kita tunjukkan ke dunia bahwa Rendang Padang itu dari Padang, soto Madura itu dari Madura, batik itu dari Jawa, bukan dari Malaysia," ujar Aak Firdaus yang kini belajar di Bristol Collage mengenai penerbangan itu.

Selain menjadi ajang masyarakat Indonesia berkompetisi di pertandingan Indogames dan menghadirkan nuansa Indonesia dalam acara Pesta Rakyat, Indofestival juga untuk menjadi ajang promosi Indonesia kepada masyarakat lokal.

Acara tersebut menjadi ajang pengenalan budaya Indonesia di kalangan masyarakat warga asing yang yang tertarik dengan budaya bangsa Indonesia melalui tari-tarian, musik, dan lomba tradisional, di antaranya Tari Jawa, Tari Saman dari Aceh, dan Tari Bali.

Selain itu juga digelar permainan seperti tarik tambang, masukin pensil dalam botol, balon air Paku kolektif, Bakiak dan adu kreatifitas. ***5*** (U-ZG)
(T.H-ZG/B/E011/E011) 14-06-2009 21:50:22

Tidak ada komentar: