Rabu, 03 Juni 2009

PESTA ANAK SE-DUNIA DI NORWEGIA

INDONESIA IKUTI PESTA ANAK SE-DUNIA DI NORWEGIA

London, 3/6 (ANTARA) - Tawa lepas dan senyum malu anak-anak tampak mewarnai kegiatan main bareng di Pendopo Anak Indonesia dan Rumah Gamelan Indonesia selama penyelenggaraan Festival Stoppested Verden di kota Hamar, Norwegia.
Anak-anak dari berbagai suku bangsa menikmati waktu bermain mereka dengan kelompok anak Indonesia, ujar Febby Fahrani, Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo kepada korespodnen Antara London, Rabu.

Menurut Febby Fahrani, anak-anak berkesempatan memainkan beberapa permainan anak khas Indonesia seperti congklak (dakon), kelereng, enggrang, lompat tali dan lain-lain.

Festival yang diadakan di Museum Kereta Tua Norwegia, Norsk Jernbanemuseum, berhasil memperkenalkan keragaman seni dan budaya beberapa negara seperti Indonesia, Norwegia, Kuba, India, Bolivia, Meksiko, Zimbabwe, dan Peru.

Stoppested Verden Festival merupakan festival budaya internasional untuk anak-anak terbesar di Norwegia di kota Hamar sekitar 120 km dari kota Oslo.

Partisipasi KBRI Oslo dalam Stoppested Verden Festival merupakan partisipasi untuk kedua kalinya.

Anak-anak yang mengunjungi festival budaya internasional khusus untuk anak-anak itu menikmati pula suguhan sate ayam Indonesia, yang langsung disajikan dari angkring sate.

Selain itu, mereka juga belajar Gamelan Indonesia dari instruktur Sunu Condro (KBRI) dan Lars Johansen (warga Norwegia pencinta Gamelan), serta beberapa instruktur cilik, murid sekolah musik Janitsjarskole di kota Hamar yang dilatih mengajarkan Gamelan selama Festival.

Menurut Febby Fahrani, konsep "anak-anak melatih anak-anak" yang diterapkan dalam pemberian workshop membuat mereka senang dan mudah dalam mempelajari Gamelan.

Selain mengajak memainkan permainan Indonesia, menikmati suguhan sate ayam dan mempelajari Gamelan Indonesia, sekitar 6000 pengunjung Festival disuguhkan dengan keindahan tarian Indonesia.

Penampilan tarian tradisional Yapong dan Bajidor Kahot yang dibawakan Yukie Mansyur, Greata Juardi, Ezsa Gunardi, dan Ossy Iversen memperoleh sambutan meriah dari pengunjung di tengah teriknya matahari. (U-ZG)***5***

(T.H-ZG/B/S016/S016) 03-06-2009 06:44:07

Tidak ada komentar: