Jumat, 26 Juni 2009

MAHASISWA CEKO TERIMA BEASISWA

ENAM MAHASISWA CEKO TERIMA BEASISWA DARMASISWA

London, 27/6 (ANTARA) - Sebanyak enam mahasiswa dari berbagai universitas di Ceko menerima beasiswa Darmasiswa untuk tahun 2009-2010 , akan belajar seni budaya dan Bahasa Indonesia di berbagai perguruan tinggi di Tanah Air.

Sekretaris Pertama Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, kepada koresponden ANTARA London, Sabtu, mengatakan, mereka yang terpilih merupakan bagian dari 190 siswa dari 88 negara yang mendapat beasiswa tahun ini.

Menurut Azis Nurwahyudi, program Beasiswa Darmasiswa semakin populer di Ceko, pada tahun ini terdapat 47 pendaftar yang bersaing mendapatkan beasiswa kebudayaan yang setiap tahun diberikan kepada mahasiswa asing untuk belajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia itu.

Sebelum memberikan rekomendasi, KBRI Praha melakukan ujian wawancara kepada seluruh pelamar yang hasilnya ditentukan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta Departemen Luar Negeri .

Azis Nurwahyudi mengemukakan, tahun ini enam mahasiswa Ceko memastikan diri akan belajar di ISI Denpasar, Universitas Ganesha Singaraja, ISI Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang dan STSI Bandung.

Untuk mempersiapkan keberangkatan mereka, KBRI Praha, mengadakan "pre-departure briefing" yang menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan persiapan keberangkatan para penerima beasiswa Dharmasiswa tersebut.

Sementara itu Baby Poernomo, mahasiswi pascasarjana program beasiswa Erasmus Mundus yang tengah belajar di Charles University memaparkan tentang sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

Selain itu, memberikan pembekalan kepada mereka mengenai perlunya pengetahuan budaya untuk menghindari gegar budaya selama mereka mengikuti program tersebut.

Selama "briefing", penerima beasiswa tersebut sangat antusias bertanya mengenai berbagai hal, seperti tentang jadwal perkuliahan, kegiatan ekstra kulikuler, termasuk pertanyaan tentang kehidupan masyarakat Indonesia seperti cara berpakaian yang pantas dan makanan yang bisa mereka konsumsi.

KBRI Praha mengambil inisiatif untuk melakukan pembekalan, agar mereka siap dalam mengikuti program beasiswa tersebut.
Selama ini sudah terdapat sekitar 70 alumni Darmasiswa dari Ceko dan sebagian di antara mereka aktif membantu KBRI Praha dalam mempromosikan Indonesia di Ceko, demikian Azis Nurwahyudi. ***5*** (U-ZG)
(T.H-ZG/B/C004/C004) 27-06-2009 07:13:27

Tidak ada komentar: