Rabu, 27 Februari 2013

BANTEN-JERMAN


BANTEN-JERMAN KERJA SAMA TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Oleh: Zeynita Gibbons
London, 23/2 (ANTARA) - Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia-Jerman (IASI) menfasilitasi kerja sama peningkatan mutu kualitas pendidikan di Propinsi Banten dengan berbagai lembaga pendidikan di Jerman.

Ketua IASI Adam Pamma kepada ANTARA London Sabtu mengatakan tim Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Banten berkunjung ke "Landes Institut für Schulentwicklung" ( semacam dinas pendidikan negara bagian Baden Wuettemberg yang berkantor di Stuttgart) untuk menjajaki kerja sama bidang pendidikan.

Dikatakannya jumlah perguruan tinggi di negara ini mencapai 370 lembaga dengan kualitas merata di negara itu dan banyaknya mahasiswa asing dari berbagai penjuru dunia belajar di Jerman menunjukkan Jerman sebagai salah satu negara yang paling diminati untuk tempat belajar di dunia dan negara terdepan dalam hal inovasi.

Berbagai kelebihan itu mendorong BAP Provinsi Banten melakukan kunjungan dan studi ke beberapa lembaga pendidikan di Jerman atas dukungan organisasi Ikatan Sarjana dan Ahli Indonesia-Jerman e.V (IASI).

Selama kunjungan itu, BAP Banten memperoleh informasi mengenai strategi sistem akreditas sekolah di Jerman, perbaikan kualitas pendidikan di berbagai sekolah yang dievaluasi setiap tahun, dan bagaimana meningkatkan kualitas guru-guru, serta hal-hal lain yang terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan.

Dalam kunjungan itu digagas kerja sama yang ril antara Dinas pendidikan Negara bagian Baden Wuettenberg dan propinsi Banten seperti pengembangan kurikulum, praktek kerja industri di Jerman bagi siswa dan mahasiswa asal Banten, pengembangan instrumen akreditasi, rencana pertukaran guru dan lain-lain.

Melalui dukungan IASI juga direncanakan untuk mengirim guru-guru senior dari Jerman ke Banten dalam rangka memberikan pelatihan bagi guru-guru di Banten.

Selain kunjungan ke Dinas pendidikan negara bagian Baden Wuettenberg, rombongan dari Banten juga bertemu Prof. Dr. Arndt Graf, ketua institut South-East Asian Study Universitas Goethe Frankfurt.

Dalam pertemuan dengan Prof. Dr. Arndt Graf, kedua pihak menyatakan kesepakatan untuk melakukan kerja sama riset dan pendidikan dalam bidang sosial dan humaniora.

Graf menyatakan kesediaannya untuk melakukan kunjungan balasan ke propinsi Banten pada bulan oktober 2013 dalam rangka menindaklanjuti kesepakatan tersebut.

Dalam kunjungan ke Banten, Graf akan bertemu dengan Dewan Riset Daerah Provinsi Banten serta memberikan kuliah umum di hadapan civitas academica se-Banten
DR. Fatah Sulaiman wakil rektor bidang kerja sama, perencanaan, dan sistem informasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten selaku pimpinan rombongan menyatakan dirinya sangat puas dengan hasil kunjungan tersebut.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada IASI yang telah memfasilitasi dan menjembatani kegiatan studi penguatan mutu dan akreditasi pendidikan ini.

Dia berharap kerja sama seperti ini dapat terus dilaksanakan dan ke depan IASI diharapkan mampu menjembatani hubungan yang lebih luas lagi dengan pemerintah Jerman guna lebih meningkatkan kualitas pendidikan di Banten.

Fatah menambahkan bahwa langkah ini bisa dicontoh oleh daerah lain untuk kemajuan Indonesia pada umumnya.

Dikatakan, bantuan bagi tim dari propinsi Banten ini merupakan salah satu komitmen IASI untuk memperkuat kerja sama Indonesia dan Jerman bidang pendidikan.

Program IASI yang lain berkaitan dengan pendidikan adalah pelatihan untuk studi S3 ke Jerman di beberapa Universitas di Indonesia, dukungan program pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulawesi Selatan melalui kerja sama Berufschule di Bremen SMK Jerman) serta menjembatani kerja sama perguruan tinggi dan penelitian di antara kedua negara.

IASI adalah organisasi yang diakui pemerintah Jerman beranggotakan kalangan professional Indonesia, expatriat, peneliti dan ahli dari Indonesia yang bermukim di Jerman serta para tenaga ahli Jerman dan perusahaan Jerman yang memiliki ketertarikan dengan Indonesia, demikian Adam Pamma. ***4***
(T.H-ZG/B/A. Pujianto/A. Pujianto) 23-02-2013 07:24:56

Tidak ada komentar: