Rabu, 27 Februari 2013

CAMBRIDGE


MAHASISWA CAMBRIDGE ANTUSIAS CERMATI INDONESIA

London, 26/2 (ANTARA) ¿ Mahasiswa berbagai bangsa yang tengah menuntut ilmu di Cambridge menyatakan sangat antusias mencermati perkembangan yang terjadi di Indonesia, demikian Dubes RI untuk kerajaan Inggeris T.M.Hamzah Thayeb.

Melalui kuliah umum Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, T.M. Hamzah Thayeb di University of Cambridge, Inggris itu, para mahasiswa yang tergabung dalam Cambridge University South East Asia Forum (CUSEAF) mengemukakan berbagai pertanyaan tentang perkembangan Indonesia.

Dalam ceramahnya Dubes membahas mengenai pengaruh Indonesia di Asia Tenggara, ¿Indonesia¿s Economic Growth and its Position in the Region¿, demikian Kevin Wijaya, mahasiswa Indonesia di Univ. of Cambridge kepada ANTARA London, Senin.

Diawa ceramah Dubes Hamzah memperkenalkan Indonesia kepada para mahasiswa dan menyampaikan mengenai Indonesia dalam berbagai bidang geografis, ekonomi, sosial dan budaya.

Dikatakannya Indonesia mempunyai hubungan bilateral dan multilateral Indonesia dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara dan organisasi-organisasi internasional, seperti G-20, APEC dan juga UK.

Selain hubungan internasional, Dubes berbicara mengenai rencana domestik Indonesia untuk terus memperbaiki kondisi perekonomian dan infrastruktur berpegang pada Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI).

Dikatakannya perbaikan yang direncanakan pemerintah, baik melalui MP3EI maupun yang berkaitan dengan sumber daya manusia yang pada akhirnya menekankan pentingnya pendidikan.

Dalam kuliahnya, Dubes Hamzah menekankan betapa pentingnya kualitas sumber daya manusia Indonesia yang masih memerlukan waktu dan proses untuk menjadi lebih baik.

Antusiasme mahasiswa terlihat dalam sesi tanya jawab dimana banyak pertanyaan yang disampaikan mulai dari rencana perekonomian Indonesia di masa depan hingga perlindungan kayu terhadap illegal logging.

Sementara itu Atase Pendidikan KBRI London Fauzi Soelaiman mengatakan acara ini sangat baik dalam meningkatkan eksistensi Indonesia di University of Cambridge, salah satu universitas ternama di Inggris.

Menurut Fauzi Soelaiman, untuk pertama kalinya dalam sejarah University of Cambridge, Dubes menghadiri undangan CUSEAF (Cambridge University South East Asia Forum) dan PPI Cambridge untuk memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa University of Cambridge.

Dikatakannya keberadaan mahasiswa Indonesia di University of Cambridge masih sedikit bila dilihat Southeast-Asianists di University of Cambridge belum mengkhususkan kepakarannya mengenai Indonesia.

Wakil Ketua CUSEAF, Samuel Choo Yan Long menyatakan kuliah yang diberikan Dubes Hamzah Thayeb mengenai Indonesia sangat bermanfaat bagi mahasiswa di Cambridge yang tidak didapatkan dari media massa.

CUSEAF adalah organisasi non-politik di University of Cambridge bergerak dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya di Asia Tenggara terbuka bagi semua orang untuk mengutarakan pendapat dan ide untuk Asia Tenggara yang lebih baik. (ZG)

(T.H-ZG/B/M. Taufik/M. Taufik) 26-02-2013 07:38:18

Tidak ada komentar: