Selasa, 12 Februari 2013

MUBA




               
INDONESIA JARING KONSUMEN SWISS DI MUBA BASEL

     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 2/2 (ANTARA) -  Indonesia menjaring  konsumen terbesar di Swiss dengan menjadi  "Guest Country" dalam pameran  dagang terbesar dan tertua di Swiss Mustermesse Basel (MUBA) yang berlangsung 22 Pebruari-3 Maret 2013.

         Pameran yang berlangsung setiap tahun ini akan dihadiri tidak kurang dari 300 ribu dan dan rencananya akan dibuka oleh Presiden Konfederasi Swiss, Ueli Maurer, kata Sekretaris Pertama KBRI Bern  Oktavia Maludin kepada ANTARA London, Sabtu.
    Duta Besar RI untuk Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein, Djoko Susilo mengatakan merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk tidak hanya menjual barang produksinya dengan kwalitas dunia namun sekaligus pada akhirnya dapat meningkatkan nilai ekspor ke tiga negara di jantung eropa; Swiss, Jerman dan Perancis.

         Basel adalah salah satu kanton  dibagian utara Swiss yang berbatasan dengan dua negara Jerman dan Perancis. Tempat yang strategis menjadikan MUBA selalu diincar oleh negara-negara lainnya dalam mempromosikan barang produksi untuk dapat diekspor ketiga negara tersebut.

         Sebagai Guest Country, Indonesia melalui Kementerian Perdagangan RI yang secara penuh didukung oleh BKPM, Kemparekraf,  KBRI Bern dan PTRI Jenewa akan  membawa  delegasi dagang dari puluhan perusahaan, investor dan Tim Kesenian yang akan menampilkan identitas Indonesia sebagai tamu kehormatan MUBA 2013.

         Delegasi dagang dibawah binaan Badan Pengembangan Ekspor Nasional akan memamerkan dan menjual produk-produk kerajinan, tekstil, furniture, dekorasi ruangan, perhiasan dan lainnya.

         Jawa Timur akan tampil dengan "Province of Charmed" membawa puluhan delegasi yang terdiri dari unsur-unsur pengusaha daerah, Dinas Pariwisata serta Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Timur.

         Selain misi dagang, Paviliun Indonesia akan dimeriahkan oleh Tim kesenian dari Pemprov Jawa Timur, Sekolah Pembangunan Jaya, Oemah Budaya, Saung Angklung Daeng Udjo dan tim kesenian dari Pemprov Sumatera Barat.

         Mereka akan tampil di dua panggung sekaligus yaitu Panggung pavilion Indonesia dan Panggung Media Muba dengan membawakan kesenian dari Sabang sampai Merauke. Indonesia dan mendapat  kehormatan tampil di Musical Theatre Basel yang dihadiri 500 undangan VIP pada acara pembukaan tanggal 22 Februari mendatang.

    ***3***
Muhamad Yusuf
(T.H-ZG/B/M019/M019) 02-02-2013 06:22:56

Tidak ada komentar: