Selasa, 17 Februari 2009

GENERASI MUDA CEKO

GENERASI MUDA CEKO PROMOSIKAN INDONESIA DI PRAHA

London, 18/2 (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha mengelar pertemuan dengan mantan penerima Beasiswa Darmasiswa dan peserta Pertukaran Mahasiswa Czech Technical University (CTU)- Institut Teknologi Bandung (ITB) guna menjaga jalinan hubungan antara generasi muda Ceko dengan Indonesia.

Acara silaturahmi yang dihadiri 22 alumni kedua program dari berbagai angkatan tersebut digelar di Aula KBRI Praha, ujar Sekretaris Satu Pensosbud KBRI Praha. Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Selasa.

Dikatakannya selama pertemuan berlangsung para alumni terlibat aktif dalam diskusi informal mengenai berbagai hal yang dapat mereka lakukan untuk terus membantu promosi Indonesia di Ceko.

Pertemuan yang berjalan dengan akrab tersebut menghasilkan beberapa masukan penting. Beberapa peserta pertukaran CTU-ITB mengharapkan kemudahan dan percepatan proses izin pengurusan Visa Sosial Budaya yang harus diurus di Indonesia.

Selain itu mereka juga menawarkan beberapa hal yang menarik seperti dari Kelompok Cakrawala yang dimotori Olga Peskova, Katarina Slesingrova dan John Adams yang ingin mempromosikan Indonesia melalui tarian dan gamelan Bali yang mereka pelajari di ISI Denpasar.

Begitu pula dengan Jana Vozabova dari Yayasan Kintari yang akan mengelar acara `Malam Indonesia' di Praha dan hasilnya akan disumbangkan untuk pendidikan anak kurang mampu di Ngolang, Lombok.

Mereka juga mendiskusikan pentingnya mempromosikan kegiatan KBRI Praha melalui kampanye "public relations campaign" yang ditawarkan Sylvie Gondokusumova, mantan mahasiswi jurusan Bahasa Indonesia di UGM Yogyakarta.

Sementara itu mahasiswa Universitas Teknik Ceko yang pernah belajar di ITB menawarkan membuat mailing list untuk mantan peserta Darmasiswa dan Pertukaran Mahasiswa CVUT-ITB guna mempermudah komunikasi diantara mereka.

Agar tidak lupa dengan Bahasa Indonesia, mereka juga sepakat untuk mengadakan kelas percakapan Bahasa Indonesia yang akan dilakukan di KBRI Praha setiap dua minggu sekali.

Azis Nurwahyudi mengatakan dengan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan, diharapkan promosi Indonesia di Ceko semakin meningkat khususnya dalam "people-to-people contact" yang akan mempererat hubungan kedua bangsa.

Suasana semakin meriah dengan disajikannya berbagai makanan khas Indonesia seperti Sate Ayam, Soto Mie Bogor, Krupuk Udang, Bakwan sampai Kue Klepon sebagai pengobat rindu makanan yang dulu sering mereka nikmati di Indonesia, demikian Azis Nurwahyudi. ***5***
(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 18-02-2009 00:04:56

Tidak ada komentar: