Selasa, 10 Februari 2009

"SLUMDOG" BORONG BAFTA LONDON

"SLUMDOG" BORONG TUJUH PENGHARGAAN BAFTA LONDON

London, 9/2 (ANTARA) - Film yang menceritakan tentang anak yang menang dalam acara "Who Wants to be a millionaire?" menyabet tujuh penghargaan dalam British Academy Film Awards (Bafta) di London
Acara penyerahan Bafta Film Awards 2009, penghargaan tertinggi bagi insan film di Kerajaan Inggeris itu, digelar di gedung Royal Opera House, Covent Garden, London, Minggu malam.

Pemberian penghargaan tertinggi dalam dunia perfilman di kerajaan Inggeris Bafta Film Awards 2009 merupakan penghargaan tahun ini untuk merayakan peringatan ke-60 pemberian penghargaan untuk insan film yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi BBC London.
Presenter Jonathan Ross yang menjadi pembawa acara pemberian penghargaan Baftas 2009 mengakui bahwa dirinya merasa nervous.

Film "Slumdog Millionaire" sebelumnya berhasil menyabet empat penghargaan di Golden Globe, sementara Danny Boyle yang menyutradarai film yang dibintangi Dev Patel juga terpilih sebagai sutradara terbaik.

Selain film terbaik Slumdog Millionaire juga menyabet penghargaan untuk sutradara Danny Boyle, skenario (Simon Beaufoy) musik yang dibuat AR Rahman, serta meraih sinematografi ( Anthony Dod Mantle) dan penyuntingan yang dilakukan Chris Dickens, serta musik terbaik garapan Glenn Freemantle, Resul Pookutty, Richard Pryke, Tom Sayers, Ian Tapp.

Perhelatan Bafta kali ini digelar sebelum acara penghargaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences awards (Oscar) di Amerika Serikat pada 22 Februari.

"Slumdog" yang membuat kejutan di ajang Golden Globe di AS bulan ini dengan menyabet empat penghargaan kategori film drama terbaik, sutradara terbaik (Danny Boyle), penulis naskah, dan musik latar terbaik.

"Slumdog" yang meraih 11 nominasi, tahun lalu, juga memperoleh penghargaan utama dan dan sejumlah penghargaan pada Festival Film Toronto dan British Indipendent Film Award.

Dalam British Indipendent Film Award, "Slumdog" menghantarkan Danny Boyle sebagai sutradara terbaik dan menobatkan aktor Bollywood Dev Patel sebagai aktor pendatang baru terbaik.

Film yang disutradarai Danny Boyle dari Inggris ini bercerita tentang seorang remaja dari daerah kumuh India yang memperoleh kesempatan untuk menjadi jutawan dalam sebuah pertunjukan permainan televisi.

Film produksi Fox Searchlight Picture dengan bintang Dev Patel, Irrfan Khan, Anil Kapoor, Madhur Mittal dan Freida Pinto ini dirilis 18 November tahun lalu memang membuat semua hal berubah.

Salah satu bintang yang mengumumkan pemberian penghargaan Bafta, penyanyi terkenal Mike Jagger mengatakan bahwa dirinya merasa mendapat penghargaan untuk dapat menyerahkan penghargaan ini.

Sementara itu film yang dibintangi Brad Pitt's, "The Curious Case of Benjamin Button" juga meraih dua penghragaan masing masing untuk disain produksi terbaik dan tata rias terbaik.

Bintang film kenamaan Kate Winslet, Penelope Cruz, Angelina Jolie dan Brad Pitt ada di antara undangan yang menghadiri acara penyerahan penghargaan tertinggi dalam dunia film di kerajaan Inggeris yang berlangsung dalam cuaca dingin.


(U-ZG)
(T.H-ZG/B/M020/M020) 09-02-2009 07:32:24

Tidak ada komentar: