Selasa, 17 Februari 2009

KERJA PRAKTIK DI JERMAN

MAHASISWA INDONESIA KERJA PRAKTIK DI JERMAN MENINGKAT

London, 18/2 (ANTARA) - Mahasiswa Indonesia yang melakukan kerja praktik di Jerman terus meningkat sejak mahasiswa dari Swiss Jerman University (SGU) Jakarta melakukan kerja praktik di Jerman bekerja sama dengan University Applied Sciences Sudwestfallen Soest di Negara bagian Nordheim Westfallen, Jerman.

Asisten Atase Pendidikan Nasional Prof. Dr. Agus Rubiyanto, kepada koresponden Antara London, Selasa mengatakan saat ini terdapat 141 mahasiswa yang melakukan kerja praktik di berbagai bidang.

Dalam acara Wellcome Party untuk mahasiswa SGU-Praxissemester Studentent di Audimax, University of Applied Sciences Sudwestfallen Soest, Agus Rubiyanto, mewakili KBRI Berlin berharap mahasiswa Indonesia menjadi Duta Bangsa selain memanfaatkan waktu sebaik baiknya menggali ilmu dan teknologi di Jerman.

Acara yang dihadiri pejabat dan wakil walikota kota Soest, Horst Bernsdorf, dan Prof. Dr. Hans- Ulrich Hensche, mahasiswa Indonesia menampilkan kesenian berupa tari Bali, tari Saman (Aceh), tari piring dari Minangkabau dan permainan angklung diiringi biola dan gitar.

Para pejabat tersebut berharap mahasiswa Indonesia dapat menampilkan kesenian dalam pesta musim panas di kota Soest tersebut.

Agus Rubiyanto mengatakan bahwa diplomasi kesenian mahasiswa di kota Soest ini merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk mempererat hubungan Jerman dan Indonesia.

Sementara itu Dekan Mekatronik SGU, Prof. Dr. Juergen Guterberg, mengatakan mahasiswa Indonesia umumnya melakukan kerja praktek di bidang perhotelan, administrasi bisnis, teknologi pangan, farmasi, biomedical engineering, akuntasi, communication dan PR , mekatronik dan informatik.

Kerja praktik diawali tahun 2003, dengan mengirimkan sebanyak 28 mahasiswa magang di berbagai perusahaan di Jerman.

Program intensif pada semester tiga dilaksanakan di Indonesia, dan semester enam dilakukan di manca negara seperti Jerman dan Swiss dalam rangka memperkuat orientasi global program SGU.***3***

(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 18-02-2009 00:09:16

Tidak ada komentar: