Senin, 02 Februari 2009

HUJAN SALJU LANDA INGGERIS

HUJAN SALJU MELANDA SELURUH INGGERIS

London, 2/2 (ANTARA) - Hujan salju melanda hampir seluruh Inggris sampai ke Skotlandia dan Irlandia serta Wales yang membuat banyak penerbangan ditunda dan beberapa jalur kereta api terganggu serta anak-anak sekolah terpaksa diliburkan.

Bandara Heathrow dan Gatwick ditutup beberapa jam dan bahkan beberapa penerbangan tertunda dan jalur kereta api serta bus operasinya juga terganggu yang menurut ramalan cuacah merupakan yang terburuk sejak 18 tahun bahkan salju mencapai 28 centimeter.

Walikoa London Boris Johnson mengatakan bahwa congestion charge yang biasa dikenakan pada mobil yang melintas ditengah kota London sebasar 8 pound dibebaskan karena buruknya cuaca.

"Tidak dapat diragukan lagi salju yang turun dari langit sangat begitu indah, cuman saja koq terlalu banyak ya,?" ujarnya menambahkan bahwa salju melanda Inggeris terburuk sejak beberapa dekade.

Walikota London yang dikenal dengan gaya rambut acak-acakan itu menyampaikan pesan ke langit. "Pesen saya adalah, 'Kamu memberikan pemandangan yang indah hanya saja terlalu kebanyakan.'
Salju setinggi 10cm turun di tengah kota London, sementara di Heathrow Airport salju menutupi landasan.

Lembaga meteorologi Inggris meramalkan hujan salju semakin meluas dan hingga berita ditulis hujan salju sudah mencapai beberapa puluh centimeter. Menurut lembaga itu, Inggris tenggara merupakan yang paling parah.

Sementara, bus-bus yang beroperasi di London terganggu operasionalisasinya. Di beberapa tempat, diprediksikan hujan salju bisa lebih dari 15 cm seperti di daerah Kent, London, Surrey, dan Hampshire.

Jurubicara Transport for London (TfL) mengatakan salju yang turun cukup parah semalaman membuat beberapa pelayanan transportasi terganggu dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga Senin.

"Kesulitan yang paling besar adalah kondisi jalanan yang sangat berbahaya dan pengendara harus lebih ekstra hati hati," ujarnya seperti dikutip BBC London.

Landasan pacu di Bandara Gatwick ditutup, beberapa penerbangan ditunda dan bahkan dialihkan pendaratannya ke bandara lain. Namun, dari Bandara Heathrow dilaporkan belum terjadi masalah berarti akibat hujan salju ini
Para penumpang disarankan untuk meliat kembali jadwal penerbangan sebelum berangkat ke bandara itu.

Turunnya salju dimanfatkan murid-murid yang sekolahnya ditutup dengan bermain salju dan membuat snow man di taman taman, seperti yang dilakukan Brenden bersama teman-temannya di Colchester Castle Park.

(U.ZG/M014)
(T.H-ZG/B/M014)

Tidak ada komentar: