Selasa, 17 Februari 2009

PENGUSAHA RUSIA

PENGUSAHA RUSIA TINGKATKAN KEMITRAAN DENGAN INDONESIA

London, 17/2 (ANTARA) - Pengusaha Rusia yang tergabung dalam Russian Academy of Business dengan ketuanya, Gorbuna Irina, akan mengunjungi Indonesia dalam upaya meningkatkan kemitraan dengan pengusaha Indonesia.

Presiden Russian Academy of Business itu berkunjung ke Indonesia bersama 17 pengusaha sektor menengah dan atas dari berbagai kelompok usaha, di antaranya teknologi informasi, mekanika, riset, perdagangan, komunikasi, dan berbagai jasa lainnya
Penanggungjawan Fungsi Ekonomi KBRI Moskow, Suprianda Ruru, kepada koresponden Antara London, Senin, mengatakan kedatangan kelompok pengusaha dari Rusia ini bukan hal yang asing lagi dan berlangsung lima kali dalam setahun.

Tampaknya krisis finansial global tidak menyurutkan para pengusaha Rusia untuk menjalin kemitraan dengan pengusaha Indonesia, ujarnya.

Duta Besar RI Moskow, Hamid Awaludin, mengatakan kunjungan pengusaha Rusia ke Indonesia tersebut mencerminkan kepercayaan dunia usaha Rusia terhadap Indonesia di tengah-tengah krisis global.

Untuk itu, tegasnya, para pelaku bisnis dan pejabat di Indonesia diharapkan untuk ikut serta menyambut mereka dengan kerja sama yang nyata.

Dubes mengatakan bahwa KBRI Moskow akan terus mendorong kerjasama bidang ekonomi, sehingga akan lebih banyak lagi investasi Rusia yang ditanam di Indonesia.

"Kita tidak pernah puas dengan capaian perdagangan tahun lalu sebesar satu milyar dolar dan investasi empat milyar dolar. Masih banyak potensi yang bisa dieksplorasi," kata Duta Besar Hamid Awaludin.

Misi usaha kali ini dipimpin Gorbuna Irina, Presiden Russian Academy of Business serta pengusaha ternama bidang ICT dan jasa yang sudah malang melintang menjalin bisnis dengan pengusaha Indonesia.

"Uniknya, mereka ini rata-rata perusahaan yang tidak terguncang oleh krisis global," ujar Suprianda Ruru.

Sebelum berangkat ke Jakarta, para pengusaha tersebut akan berkunjung ke KBRI Moskow untuk mendapatkan pembekalan tentang kiat-kiat berbisnis di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak terlalu mengalami dampak negatif krisis finansial dan tetap menjadi tempat yang baik untuk investasi di masa datang.

Dalam kunjungan ke Indonesia para pengusaha Rusia itu akan mengadakan pertemuan dengan pengusaha dan pejabat terkait.

Di Jakarta mereka akan menandatangani MoU dengan IWAPI, bertemu KADIN Indonesia dan Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Di Kadin, mereka akan mempelajari konsep Techno Park dan Industrial Zones, serta melakukan pembicaraan dengan Kedubes Rusia di Jakarta.

Para pengusaha Rusia itu juga akan ke Batam dan akan bertemu dengan Otoritas Batam, Batam Industrial Park dan melakukan pertemuan people-to-people meetings.
Selain itu mereka juga akan ke Bintan yang masuk bagian dari Special Economic Zone. ***2***
(T.H-ZG/B/A027/A027) 17-02-2009 05:42:36

Tidak ada komentar: