Minggu, 01 Februari 2009

JARING WISATAWAN SPANYOL

INDONESIA JARING 500 WISATAWAN SPANYOL DI FITUR MADRID

London, 2/2 (ANTARA) - Direktur Promosi Luar Negeri Depbudpar Gde Pitana mengatakan, Indonesia berhasil menjaring 500 wisatawan Spanyol untuk berkunjung ke Indonesia di pameran pariwisata Fitur yang digelar di Feria de Madrid, lokasi pameran bergengsi di Spanyol.

Gde Pitana mengatakan, senang dengan sambutan yang disampaikan industri wisata dan masyarakat Spanyol, demikian Allen Simarmata, Sekretaris I Sosial dan Budaya KBRI Madrid pada Antara, Senin.

Tiga industri wisata dan biro perjalanan yang diusung dari Indonesia untuk bergabung dalam acara tersebut. Transaksi yang terjadi antara Biro perjalanan Indonesia dengan salah satu Biro Perjalanan Spanyol yang akan mendatangkan sekitar 500 wisatawan Spanyol ke Indonesia dalam tahun ini.

"Itu baru dari satu Biro perjalanan. Secara praktis juga tadi kita bicarakan bersama dengan Bidang Konsuler KBRI mengenai pengurusan visa terhadap 500 warga Spanyol yang akan ke Indonesia," ujarnya.

Meski ada fasilitas "visa on arrival" para wisatawan ini menginginkan untuk dapat memiliki visa sebelum berangkat guna menghindari antrian panjang pengurusan visa di bandara saat kedatangan, ujar Gde Pitana.

FITUR yang diadakan di Feria de Madrid, lokasi pameran bergengsi di Spanyol merupakan salah satu pameran wisata terbesar setelah ITB Berlin dan WTM London, berakhir Minggu.
Partisipasi Indonesia di FITUR tersebut, dilaksanakan Depatemen Kebudayaan dan Pariwisata bekerjasma dengan KBRI Madrid.

Selama pameran berlangsung anjungan Indonesia menampilkan Tari Piring dari Sumatera Barat yang dibawakan empat penari dari Grup tari Dharma wanita Persatuan KBRI Madrid, menarik pengunjung stand Indonesia, di hari ke empat pameran.

Gerakan tari yang dinamis dan kompak, kostum yang meriah dan hentakan irama musik tari piring yang khas menyambut pengunjung stand Indonesia, ujar Allen Simarmata.

Dikatakannya sambutan hangat dan antusias masyarakat yang memenuhi stand Indonesia, untuk menyaksikan pagelaran budaya tersebut. Mulai hari pertama FITUR sampai hari keempat stand Indonesia dipenuhi pengunjung tidak saja masyarakat Spanyol yang ingin berwisata tetapi juga dari industri wisata setempat.

Suguhan tarian yang dibawakan Group Tari DWP KBRI dan Tari Bali yang dibawakan Ketut Diatmika dan Indah Sulistiana, warga Indonesia yang tinggal di Spanyol, disambut meriah pengunjung.

Selain tarian, stand Indonesia juga menyuguhkan kopi yang beraroma khas Indonesia dan kacang garuda yang sangat diminati pengunjung.
Pada hari terakhir pameran terbuka untuk umum dimana masyarakat Spanyol memanfaatkan hari libur mereka dengan mengunjungi pameran tersebut.

***5****
(T.H-ZG/B/S004/S004) 02-02-2009 08:36:10

Tidak ada komentar: