Rabu, 10 Mei 2017

BEBAS AKTIF

DUBES: INDONESIA KONSISTEN JALANKAN POLITK BEBAS AKTIF    
            Oleh Zeynita Gibbons  

      London, 5/5 (Antara) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma menegaskan Indonesia konsisten menjalankan kebijakan luar negerinya secara bebas dan aktif, dengan penekanan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan serta keluatan dan kemaritiman.
           Hal tersebut disampaikan Dubes Rizal di hadapan sejumlah duta besar negara sahabat, anggota Anglo Indonesian Society serta mitra kerja KBRI London, di Kementerian Luar Negeri Inggris, London, pada Rabu, kata Minister Counsellor Fungsi PenSosBud KBRI London Thomas Siregar kepada Antara, Jumat.
          Dalam paparannya, Dubes Rizal Sukma mengatakan secara prinsip arah kebijakan luar negeri Indonesia tidak mengalami perubahan, namun terdapat penekanan  lebih kuat pada aspek hubungan bilateral khususnya dalam peningkatan kapasitas ekonomi dan perdagangan serta kelautan dan kemaritiman.
         Hal itu  tercermin dalam hubungan bilateral Indonesia dengan beberapa negara yang memiliki kapasitas ekonomi kuat di kawasan Asia dan Eropa. Dalam konteks regional, Indonesia akan tetap mengambil peran aktif dalam ASEAN dan kerja sama Selatan-Selatan dan triangular untuk menyuarakan kepentingan negara-negara di kawasan Asia, Afrika dan Amerika Latin.
           Sedangkan dalam konteks multilateral, Indonesia akan terus meningkatkan interaksi dengan negara-negara G-20 guna mendorong kebijakan ekonomi global yang saling menguntungkan dan menjaga terciptanya sistem perekonomian global yang kuat, seimbang dan berkelanjutan.
          Dikatakannya sebagai negara kepulauan, Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar membangun infrastruktur kemaritiman melalui visi Poros Maritim Dunia.
           Indonesia diharapkan dapat menjadi penghubung utama antara Samudra India dan Pasifik. Terkait itu Indonesia perlu memperkuat sistem pertahanannya, infrastruktur maritim serta meningkatkan konektivitas antarkepulauan dan meningkatkan intensitas kerja sama pertahanan dengan sejumlah negara yang memiliki peran kunci di kawasan.
            Dubes Rizal Sukma menegaskan Kebijakan Luar Negeri Indonesia saat ini berupaya mengoptimalkan kepentingan nasional Indonesia dengan tetap memperhatikan peran Indonesia dalam percaturan politik Internasional.
           Indonesia akan terus melaksanakan kebijakan luar negeri yang bebas dan aktif sebagaimana telah diletakan fondasinya oleh para pendahulu dan pemimpin bangsa Indonesia.
           Paparan Dubes Rizal Sukma  yang sistematis, ilmiah dan lugas di Kementerian Luar Negeri Inggris tersebut mendapat sambutan luar biasa. Para peserta yang hadir juga merasa sangat senang karena selain mendengar paparan, mendapat suguhan makanan khas Indonesia yang disajikan dalam bentuk canape oleh Chef Budiono dari Asosiasi Chef Indonesia.

    ***2***
(T.H-ZG/B/R. Utami/R. Utami) 05-05-2017 19:06:14

Tidak ada komentar: