Minggu, 28 Mei 2017

ROMA


DUBES ESTI SERAHKAN SURAT KEPERCAYAAN KEPADA PRESIDEN ITALIA
     Zeynita Gibbons

  London, 20/5 (Antara) - Dubes Esti Andayani menyerahkan Surat Kepercayaan dari Presiden Joko Widodo sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Italia kepada Presiden Sergio Mattarella di  di Istana Kepresidenan, Kamis sore waktu Roma.
       Counsellor Pensosbud   KBRI Roma, Charles F. Hutapea kepada Antara London, Sabtu mengatakan dalam acara yang dilakukan melalui rangkaian prosesi kenegaraan Dubes Esti Andayani didampingi Wakil Kepala Perwakilan RI di Roma, Des Alwi, Counsellor Politik KBRI Roma, Carolina Tinangon, serta Atase Pertahanan RI di Roma, Kolonel (Laut) Bambang Dharmawan.
         Dalam pertemuan itu, Dubes Esti Andayani menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk Presiden dan seluruh warga negara Italia seraya menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mempererat kerja sama kedua negara.
         Dikatakannya  penugasannya di Italia ini merupakan bagian dari upaya pencapaian visi dan misi Pemerintah RI sebagaimana tertuang dalam Nawacita Presiden Joko Widodo.
        Dubes Esti Andayani dan Presiden Sergio Mattarella antara lain mendiskusikan penguatan hubungan bilateral melalui peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan, dialog antarbudaya dan people-to-people contact.
          Keduanya optimistis kemitraan RI-Italia akan semakin terjalin, seiring dengan kerja sama dalam berbagai forum internasional, termasuk forum negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia, G20.
         Selain itu dibahas pula tindak lanjut kerja sama yang menjadi komitmen kedua negara pada saat kunjungan kenegaraan Presiden Sergio Mattarella ke Indonesia November 2015. Sementara itu, kunjungan Menteri Pembangunan Ekonomi Italia, Carlo Calenda, yang disertai delegasi bisnis dari Italia ke Jakarta tanggal 15-16 Mei lalu menghasilkan sejumlah kesepakatan kerja sama baru. Hal ini mencerminkan adanya peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan yang saling menguntungkan.
          Presiden Mattarella memandang Indonesia sebagai negara dengan penduduk yang majemuk dan dapat menjadi contoh dalam mengelola keragaman sosial budaya. Dalam hal ini, diharapkan dalam waktu dekat dapat dilaksanakan kegiatan dialog antarbudaya dan antarkeyakinan antara RI dan Italia.
        Selain itu, pentingnya promosi pariwisata dan budaya untuk meningkatkan saling pengertian maupun kerja sama antara masyarakat kedua negara. Presiden Mattarella juga menyampaikan undangannya agar Presiden Joko Widodo dapat melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Italia.
          Dubes Esti Andayani adalah diplomat karir senior yang sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri. Ia pernah bertugas menjadi Dubes untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia.
          Penugasannya di Italia ini menjadikannya sebagai Dubes  perempuan pertama dari Indonesia untuk Italia. Selain Italia, wilayah akreditasinya juga mencakup Malta, San Marino dan Siprus serta organisasi internasional di Roma seperti FAO, IFAD, WFP dan UNIDROIT.
           Berdasarkan catatan,  tahun 2016 total nilai perdagangan bilateral RI ¿ Italia mencapai hampir tiga miliar dolar AS dengan surplus Indonesia senilai 185 juta dolar. Sementara itu, minat masyarakat Italia untuk mengenal Indonesia juga semakin meningkat.

       Sejumlah 80 ribu wisatawan Italia berkunjung ke Indonesia  tahun 2016, dan pelajar serta mahasiswa Italia  belajar ke Indonesia pun menunjukkan kenaikan jumlah dari tahun ke tahun. Pada bulan April 2017, WNI di Italia sejumlah 2585orang  yang 401 diantaranya pelajar.***2****

b/a011
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 20-05-2017 07:24:21

Tidak ada komentar: