Rabu, 10 Mei 2017

INDOFEST

INDOFEST" FESTIVAL INDONESIA TERTUA DI NOTTINGHAM
     Zeynita Gibbons

    Nottingham, 7/5 (Antara) - Para pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di kota Nottingham yang dikenal dengan Robin Hood mengelar pesta rakyat yang disebut dengan "Indofest"
    Kegiatan ini menampilkan permainan tradisional seperti tarik tambang dan lomba bakiak yang menarik perhatian tidak saja masyarakat Indonesia, tetapi juga warga Inggris dan mancanegara yang menuntut ilmu di University of Nottingham, Sabtu (6/5).
         IndoFest adalah festival budaya dan kuliner serta pertandingan olahraga tradisional yang tertua dan terbesar yang diadakan para pelajar Indonesia di Inggris sejak tahun 2004, kata Ketua panitia Indofest Teguh Adi kepada Antara London, Minggu.
         Ia mengatakan Indofest dihadiri sekitar 2.000 pengunjung, termasuk Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, Dr Rizal Sukma dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London, Professor Aminuddin Azis.
         Dikatakan tujuan utama acara ini adalah untuk menampilkan budaya Indonesia yang ditunjukkan kepada Komunitas Internasional, dan juga kepada masyarakat setempat.
         Menurut dia, yang menjadi daya tarik utama Indofest adalah pertandingan olahraga diikuti para pelajar yang menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi dan juga promosi kuliner Indonesia.
         Selain itu, juga banyak warga Indonesia di perantauan yang rindu akan makanan Indonesia karena dalam acara pesta rakyat Indofest yang berlangsung di kota Robin Hood, Nottingham, juga terdapat bazar makanan yang menjual bakso, sate ayam, nasi campur dan juga bahan makanan seperti yang dijual Warung Gordon dan IDF yang menyediakan tempe segar, ikan asin, mi instan, kecap, kerupuk dan juga jengkol dan juga bronis kukus.
         Indofest juga dimeriahkan "Bhinne Cup" atau kompetisi antarpelajar anggota PPI di setiap kota di Inggris Raya yang mempertandingkan futsal dan bulu tangkis, serta permainan rakyat seperti tarik tambang dan lomba bakiak.

    ***4*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 07-05-2017 21:45:56

Tidak ada komentar: