Rabu, 10 Mei 2017

EMIL

RIDWAL KAMIL KUNJUNGAN KERJA KE NAMUR BELGIA
     Zeynita Gibbons

   London, 9/5 (Antara) - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Namur, Belgi,  dalam rangka meningkatkan kerja sama antara Bandung dan kota Namur sekaligus merupakan kunjungan balasan atas misi ekonomi Belgia yang dipimpin Putri Astrid ke Bandung pada Maret 2017.
          Ridwan Kamil bertemu dengan Wali Kota Namur, Maxime Prévot, untuk membahas potensi peningkatan kerja sama antara kedua kota, kata  
Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Brusel Ignatius Priambodo dalam keterangan yang diterima Antara London, Selasa.
          Ridwan mengatakan  Indonesia dapat menjadi ekonomi terbesar kelima dunia pada 2030 sehingga saat ini merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan investasi di Indonesia, terutama Bandung.
          Bandung merupakan kota dengan penduduk muda yang berjiwa artistik dan kreatif, potensi investasi di ekonomi kreatif dan teknologi sangat menjanjikan,¿ ujarnya.
          Maxime Prévot menawarkan bentuk kerja sama ¿smart city¿ di mana saat ini Namur menjadi salah satu kota terdepan di Belgia dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk tata kelola kota dan e-government.
          Selain itu, Prévot juga menawarkan kerja sama antar universitas dan pariwisata, mengingat kualitas institusi pendidikan di Namur dalam bidang unggulan seperti teknologi informasi, perhotelan dan kuliner.
          Prévot juga menyatakan bahwa kerja sama budaya sangat penting untuk mendekatkan penduduk dari kedua kota.
           Selain melakukan pertemuan dengan Wali Kota Namur dan mengunjungi pusat pelayanan warga, Ridwan bertemu dengan direksi perusahaan pengembang situs internet Dogstudio.
           Ridwan juga berbincang dengan Nicolas Moies, salah satu pendiri, yang menyatakan bahwa perusahaannya bermula sebagai start-up kecil namun kini sudah memiliki klien dari berbagai penjuru dunia dan mendirikan kantor cabang di Amerika Serikat.
           Dogstudio juga merupakan inisiator dari festival teknologi digital dan multimedia bernama ¿Kikk Festival," yang dimulai tahun 2011 dengan jumlah pengunjung 600 orang.
          Di tahun 2016, jumlah pengunjung mencapai hampir 50 ribu orang. Festival ini menjadi salah satu acara penting dalam agenda tahunan dunia teknologi informasi. Ridwan menawarkan agar dapat dilakukan Kikk Festival untuk wilayah Asia Pasifik di kota Bandung.
           Kota Namur merupakan ibukota wilayah Wallonia yang berbahasa Prancis, berpenduduk 110 ribu orang dan memiliki ekonomi bergantung pada sektor jasa, termasuk informasi teknologi dan ekonomi kreatif. Saat ini tengah disusun memorandum kesepahaman kota kembar antara Bandung dan Namur  diharapkan dapat ditandatangani bulan Oktober 2017.    
     Penandatanganan diharapkan dapat disaksikan Presiden Joko Widodo yang akan hadir untuk pembukaan Festival Europalia Indonesia 2017. Europalia merupakan pagelaran seni budaya terbesar di Eropa yang berlangsung di Belgia dan beberapa negara lainnya dari Oktober 2017 hingga Januari 2018.

    ***4***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 09-05-2017 17:03:11

Tidak ada komentar: