Minggu, 28 Mei 2017

CEKO

PROMOSI KULINER BERGAYA SANTAPAN INDONESIA DI CEKO
     Oleh Zeynita Gibbons

     London, 18/5 (Antara) -  KBRI Praha mengadakan promosi kuliner Indonesia  bertajuk "Indonesian Food Tour" yang disajikan  dua chef atau koki profesional yang sedang melakukan tur keliling beberapa negara Eropa yaitu Renatta Moeloek dan Maxie Millian bertempat di Aula KBRI Praha, akhir pekan.
          Promosi kuliner Indonesia dengan gaya "Fine-Dining" atau  santapan itu berhasil mengoyang lidah masyarakat Ceko, kata   Pensosbud KBRI Praha, Dwi Wisnu Budi Prabowo kepada Antara London, Kamis.
          Praha merupakan kota ketiga setelah Barcelona dan Bratislava dari rangkaian kegiatan chef dari Indonesia yang berthema "Rites of Our Ancestors".
          Masakan Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi WN Ceko yang dalam promosi kuliner Indonesia selalu mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat.  
     Promosi kuliner Indonesia dengan konsep gaya fine-dining atau high-end dishes menyajikan diantaranya tuna naniura, binthe biluhuta, sate padang, dan martabe. Hasil dari kreasi konsep fine-dining berhasil  meningkatkan daya tarik masakan Indonesia.   
     Para undangan yang merupakan counterparts KBRI serta beberapa media  menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi ketika para chef mempresentasikan makanan yang disiapkan dalam program tasting menu.
          Kekaguman tamu semakin terlihat ketika chef  memperkenalkan sekitar 47 bumbu dan bahan sebagian besar khas Indonesia dipakai dalam masakan.
          "Rasa masakan ini sangat lezat dan cocok dengan lidah saya," ucap Hans Webber, salah satu tamu.
          Beberapa pengunjung memberikan testimoni positif mengenai rasa masakan yang kaya akan bumbu dan sangat unik dibandingkan dengan masakan Ceko.
          Sebagian pengunjung yang pernah merasakan masakan Indonesia baik di Ceko maupun ketika berkunjung ke Indonesia  menyebutkan rasa masakan sangat enak dan memberikan pengalaman baru.
         Melengkapi promosi kuliner, KBRI Praha menampilkan pertunjukan tarian Indonesia seperti tari Telek dan Jauk serta Tari Jaipongan Kembang Tanjung dibawakan secara penari warga Indonesia  dan diaspora Indonesia di Ceko.

    ***1***

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 18-05-2017 06:34:52

Tidak ada komentar: