Selasa, 16 Mei 2017

UNAND

UNAND PADANG - UNIVERSITAS ARISTOTLE JAJAKI KERJA SAMA 
     Zeynita Gibbons

      London,14/5 (Antara) - Universitas Andalas (Unand) Padang menjajaki kerja sama dengan dengan salah satu universitas terkemuka di Yunani, Aristotle University of Thessaloniki (AUT) dengan fasilitasi KBRI Athena.
          Pembicaraan penjajakan kerja sama bidang pendidikan dan kebudayaan RI-Yunani dilakukan  Kepala Pusat Media dan Komunikasi Politik Unand, Najmuddin Rasul Ph.D bersama  Ms. Helen Kotsaki, Head of International Department AUT di KBRI, kata Counsellor Pensosbud KBRI Athena, John Admiral kepada Antara London, Minggu.
         Najmuddin menyampaikan usulan kerjasama ini sesuai dengan visi Unand untuk menjadi universitas terkemuka dengan  menjalin kerjasama lembaga pendidikan tinggi internasional.
          Sementara itu Ms. Helen Kotsaki menyampaikan Rektor AUT memberikan sinyal positif untuk menjalin kerjasama dengan Unand karena sejak berdiri AUT pada tahun 1925 belum memiliki kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi Indonesia. Saat ini AUT melakukan kerjasama dengan berbagai universitas di Amerika Serikat, Eropa, Australia, Jepang, Korea dan Cina, ujarnya.
          Bentuk kerjasama pendidikan yang kedua universitas diantaranya pertukaran pengajar, pertukaran mahasiswa, kolaborasi akademisi kedua universitas untuk melakukan research dan publication. Bidang ilmu yang berpotensi lainnya seperti arkeologi, pertanian, politik, komunikasi dan studi Islam.
        AUT adalah universitas pertama di Yunani yang memiliki program studi Islam yaitu ¿Introduction to Muslim Studies¿ dengan program empat tahun. Untuk mengembangkan program studi Islam , Rektor AUT mengundang lembaga perguruan tinggi Indonesia menjadi dosen tamu pada program studi Islam selama satu semester atau satu tahun dengan Bahasa pengantar Bahasa Inggris.      
    Penjajakan kerjasama pendidikan antar universitas ini merupakan terobosan baru untuk implementasi Persetujuan Pendidikan dan Kebudayaan RI-Yunani ditandatangani di Athena tahun 2004.        
     Selama ini, beberapa mahasiswa Indonesia setiap tahunnya belajar di AUT dalam kerangka program beasiswa Erasmus. Sebaliknya, setiap tahun beberapa mahasiswa Yunani belajar budaya Indonesia di lembaga pendidikan tinggi Indonesia dengan program beasiswa Darmasiswa dan Beasiswa Seni Budaya Indonesia.
          AUT adalah salah satu universitas terbesar di Yunani yang terletak di pusat kota Thessaloniki, kota kedua terbesar setelah Athena, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 70.000 dan 10 fakultas dengan 41 program studi.

    ***4***

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 14-05-2017 13:00:30

Tidak ada komentar: