Rabu, 10 Mei 2017

YUNANI

PUBLIK KEFALONIA YUNANI ANTUSIAS MEMASAK MASAKAN INDONESIA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 6/5 (Antara) - Publik Kefalonia Yunani antusias mengikuti kelas memasak masakan Indonesia yang diadakan KBRI Athena dengan memperkenalkan Ikan Pepes dan mi goreng seafood yang diadakan di En Kefallinia Organic Farm Restaurant.
         Program kelas memasak yang diadakan KBRI Athena bekerja sama dengan Ionion Center for the Arts and Culture (ICAC) dan En Kefallinia Organic Farm Restaurant dilaksanakan dalam dua sesi,demikian Counsellor Pensosbud KBRI Athena, John Admiral, kepada Antara London, Sabtu.
         Kelas memasak yang diadakan Rabu (3/5) itu juga mendapat perhatian media setempat dan sambutan dari peserta yang terdiri dari chef (juru masak, red), akademisi, masyarakat umum dan wisatawan yang berlibur ke Pulau Kefalonia.
         Kuasa Usaha Ad interim RI menyampaikan Indonesia kaya akan ragam kuliner. Ikan pepes dan mi goreng seafood dipilih sebagai menu kelas memasak mempertimbangkan selera publik Yunani terutama yang menetap di pulau yang menyukai seafood. Kelas ini diawali dengan penjelasan bahan-bahan untuk memasak ikan pepes dan mi goreng seafood yang tersedia di pasar setempat dan tahapan proses memasak.
         Para peserta diajak mempraktikkan langsung dan diakhiri dengan menikmati hasil masakan bersama. Peserta menilai proses memasaknya tidak sulit sehingga dapat dipraktikan dengan mudah di rumah. "Polý nóstimo kai polý wraió," masakan ini sangat nikmat dan baik sekali,  komentar peserta.
         Peserta mendapat brosur resep dan cara memasak Ikan pepes dan mi goreng seafood. Selain itu KBRI Athena juga memberikan buku kumpulan resep kuliner unggulan Indonesia diterbitkan Kementerian Pariwisata kepada Ms. Georgia dan Mr. Michailis, pemilik sekaligus chef En Kefallinia Organic Farm Restaurant dan akan mencoba resep kuliner Indonesia dengan menggunakan bahan yang tersedia dan akan memasukkan kuliner Indonesia dalam list menu restoran.
         Program Director ICAC Ms. Sophie Kagadis menyampaikan apresiasi kepada KBRI Athena atas kerja sama yang terjalin dan mengharapkan KBRI Athena dapat memberikan pelatihan seni budaya lainnya untuk publik Kefalonia pada masa datang.
         KBRI Athena pernah mengadakan kelas membatik di ICAC, salah satu lembaga pendidikan, riset dan seni internasional terkemuka di Kefalonia yang memiliki kerja sama dengan lembaga riset dan universitas di Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Sejak tahun 2010, ICAC mengadakan berbagai program pelatihan pendidikan, riset dan seni dengan peserta seniman dan akademisi internasional.

         Kefalonia terletak di laut Ionian barat Yunani yang merupakan salah satu tujuan wisata utama Yunani dengan keindahan pantai dan alam pegunungan. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 06-05-2017 05:50:43

Tidak ada komentar: