Senin, 10 November 2008

AM FATWA DI PORTUGAL

<< B A C K >>
D0111108000079 11-NOV-08 PLK JKT

A.M FATWA BERKUNJUNG KE PORTUGAL

London, 11/11 (ANTARA) - Ketua Grup Kerja sama Bilateral (GKSB) Indonesia - Portugal A.M Fatwa bersama enam anggota dari fraksi Golkar, PDIP, PPP, dan PKB mengadakan kunjungan kerja selama lima hari, 5 sampai 9 November di Portugal.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama kelompok kerja sama antar-parlemen sejak terbentuk kelompok tersebut Februari lalu, demikian jurubicara KBRI Portugal Perry Pada kepada Koresponden Antara London, Senin.

Dikatakannya, kunjungan A.M Fatwa bersama rombongan merupakan tindak lanjut dari kunjungan Ketua DPR RI Agung Laksono ke Portugal pada Maret lalu.

Menurut Perry Pada, Leonor Countinho dari Partai Sosialis Portugal selaku ketua Grup Persahabatan Parlemen Portugal-Indonesia menyambut dengan hangat kunjungan kelompok persahabatan dari Parlemen Indonesia.

Ia juga menyampaikan kegembiraannya atas kunjungan Parlemen Indonesia sebagai bukti nyata peningkatan hubungan kedua Parlemen dan hubungan bilateral Indonesia-Portugal.

Secara resmi Grup Kerja sama Bilateral Parlemen Portugal-Indonesia terbentuk pada tanggal 2 Februari tahun lalu diikuti dengan terbentuknya secara resmi Grup Kerjasama persahabatan Portugal - Indonesia Parlemen Portugal pada tanggal 13 Februari 2007.

Menurut Perry Pada, terbentuknya kedua kelompok persahabatan (kaukus) di masing-masing parlemen kedua negara, dapat dikatakan sebagai lembaran baru dalam sejarah hubungan antara Indonesia dan Portugal.

Kedua kaukus parlemen kedua negara tersebut diharapkan dapat menjadi pelaksana second track diplomacy dalam meningkatkan hubungan kedua bangsa dan negara di berbagai bidang, termasuk meningkatkan hubungan masyarakat kedua bangsa yang memiliki pertalian sejarah.

Pertemuan kedua kelompok persahabatan antar Parlemen juga dimanfaatkan untuk bertukar pandangan mengenai berbagai topik antara lain menyangkut perkembangan hubungan bilateral Indonesia Portugal serta saling tukar informasi mengenai perkembangan parlemen kedua negara.

Khusus menyangkut hubungan bilateral Indonesia - Portugal, kedua belah pihak menyambut dengan gembira berbagai kemajuan yang telah dicapai di berbagai bidang kerjasama seperti politik, ekonomi dan sosial budaya.

Di akhir pertemuan A.M Fatwa mengundang Grup Persahabatan Parlemen Portugal untuk berkunjung ke Parlemen Indonesia, demikian Perry Pada. ***3***
(T.H-ZG/C/Z002/Z002) 11-11-2008 00:36:50

Tidak ada komentar: