Selasa, 04 November 2008

BPK TANDA TANGANI MOU

BPK TANDA TANGANI MOU DENGAN CEKO

London, 4/11 (ANTARA) - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Anwar Nasution, Senin menandatangani Memorandun of Understanding dengan Supreme Audit Office (SAO) Republik Ceko yang diwakili ketuanya Frantisek Dohnal.

Penandatanganan MoU mengenai Kerjasama Audit untuk Sektor Publik tersebut berlangsung di Praha, Ceko, demikian Pensosbud KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Selasa.

Penandatangan kesepakatan kerjasama Audit untuk Sektor Publik antara lain pertukaran informasi, pengetahuan, tenaga ahli, kerja sama pelatihan, dan pertukaran pengalaman serta informasi audit yang salah satunya di antaranya adalah dalam pembelian senjata.

Menurut Azis Nurwahyudi , MoU ini akan berlaku selama empat tahun sejak ditandatanganinya dan dapat diperpanjang atas persetujuan kedua belah pihak.

Dalam keterangannya , Ketua BPK Anwar Nasution mengharapkan dengan ditandatanganinya MoU itu, maka auditor kedua negara dapat saling belajar, termasuk upaya menangani berbagai kasus korupsi, penggelapan pajak, masalah privatisasi BUMN, dan isu audit yang menyangkut lingkungan hidup serta kesehatan.

Tuan rumah telah melakukan pertukaran informasi mengenai struktur organisasi, jenis-jenis audit yang dilakukan di Ceko dan hal-hal terkait yang sifatnya umum.

Sementara itu Ketua BPK Anwar Nasution telah melakukan presentasi mengenai transparansi dan akuntanbilitas pada sektor publik di Indonesia.

Selama berada di Ceko, Ketua BPK bersama rombongan melakukan seilaturahmi dengan masyarakat Indonesia bertempat di Wisma Duta.

Pada kesempatan itu , dilakukan diskusi mengenai perkembangan situasi terakhir di Indonesia terutama tentang tanggung jawab BPK dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.***8***

(U-ZG) /B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 04-11-2008 18:42:32

Tidak ada komentar: