Selasa, 11 November 2008

WAKATOBI DIJUAL DI LONDON

<< B A C K >>
D0111108005059 11-NOV-08 JAS JKT
OBJEK WISATA WAKATOBI DIJUAL DI LONDON

London, 11/11 (ANTARA) - Bupati Wakatobi, Ir Hugua berusaha menjual obyek wisata bawah laut Wakatobi yang berada di Kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Wakatobi memiliki sekitar 750 jenis terumbu karang dari total 850 jenis yang ada di dunia, ujar Ir Hugua kepada koreponden Antara London di sela-sela penyelengaraan Bursa Pariwisata Dunia World Travel Market (WTM) yang berlangsung di gedung pameran Excel London, Selasa.

Dikatakanya dibandingkan dengan Laut Merah atau Karibia yang hanya memiliki 50 jenis, Indonesia khususnya di Wakatobi jauh lebih banyak.

Secara geografis, posisi Wakatobi berada di pusat segitiga karang dunia, yang memiliki beragam jenis terumbuh karang. "Bisa dikatakan Wakatobi menjadi pasat dari terumbuh karang," ujar Bupati Hugua.

Menurut Bupati, Wakatobi terdiri atas 124 pulau dengan jumlah penduduk 100.563 jiwa dengan luas wilayah 140 ribu hektar.

Sementara 118 ribu hektar merupakan terumbuh karang yang berarti 97 persen wilayah Wakatobi adalah terdiri dari laut dan terumbu karang sementara daratan hanya 13 persen.

Ir Hugua berkelakar bahwa dirinya dapat dikatakan sebagai bupati terumbu karang dan ikan-ikan karena lebih banyak terumbu karang dan ikan ketimbang populasi manusianya.

Diaukuinya Watatobi untuk pertama kalinya ikut dalam WTM karena, ia menilai pasarnya yang luar biasa dan menjadi tempat berkumpulnya orang yang punya uang dan bisnisnya pun bagus.

Hal ini tidak lepas dari dunia pariwisata yang sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Inggris maupun Eropa.

Di sisi lain Bupati Wakatobi mengakui bahwa ia bangga menjadi orang Indonesia punya budaya yang beragam serta hutan tropis dan sumber daya alam yang luar biasa.

Wakatobi yang memiliki potensi ekonomi dengan memiliki kekayaan dan menjadi segitiga terumbuh karang terbesar di dunia.

Diakuinya Pemda Wakatobi meliat kesempatan yang sangat baik untuk tidak dibiarkan begitu saja. Untuk itu ia berharap dengan keikutsertaannya di WTM London akin dapat menjaring wisatawan Inggris yang senang melakukan wisata bawah laut. ***2***
(u-zg)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 11-11-2008 23:28:22

Tidak ada komentar: