Selasa, 18 November 2008

KOPI LUWAK

KOPI LUWAK JADI REBUTAN DI "TRIESTE ESPRESSO EXPO" ITALIA

London, 18/11 (ANTARA) - Kopi Luwak menjadi rebutan para pengunjung pameran "Trieste Espresso Expo" yang diikuti 200 peserta dari 23 negara di Kota Trieste, Italia Utara.

Kopi luwak yang dibawa sebagai display untuk menjaring pembeli lebih banyak terhadap kopi termahal di dunia ini terpaksa dijual, ujar Atase Pertanian KBRI Roma Dr. Erizal Sodikin kepada di London, Selasa.

Dikatakannya contoh kopi luwak yang dibawa PT Morning Glory laku dijual dengan harga 150 dolar AS untuk 150 gram kopi yang sudah digoreng, berarti satu gram kopi luwak dihargai satu dolar AS.

Meskipun demikian, masih banyak pengunjung yang menanyakan dan ingin membeli kopi luwak, ujar Elizal, yang mengatakan untuk kedua kalinya Indonesia mengikuti pameran kopi espresso terbesar di dunia ini.

Dalam pameran tersebut, Indonesia diwakili tiga perusahaan pengekspor kopi, yaitu PT Cetara Bumi Persada yang khusus memasarkan kopi Toraja, PT Morning Glory yang membawa biji kopi dari berbagai daerah termasuk kopi luwak, dan PT Merdeka khusus membawa kopi "roasted" racikan dari berbagai kopi asli Indonesia.

Selama pameran berlangsung terjadi kontak bisnis yang membuka peluang bagi ketiga perusahaan swasta memasuki pangsa pasar Italia, yang merupakan salah satu negara konsumen kopi dunia dengan berbagai jenis seperti capuccino, espresso, cafelatte.

Selama pameran yang berlangsung sejak 13 November lalu, setidaknya 18 potensi pembeli yang secara serius ingin membeli kopi yang dipamerkan, serta berjanji akan menindak lanjutinya lebih jauh, ujarnya.

Dikatakannya, yang menarik beberapa pembeli berasal dari luar Italia seperti dari Kroasia, Slowenia, Albania, Kosovo, Polandia, dan Libya.

Trieste Espresso Expo merupakan kegiatan dua tahunan yang menampilkan segala aspek yang terkait dengan kopi espresso, mulai dari eksportir, importir, mesin pembuat, alat pendukung seperti cangkir, kemasan kopi termasuk perusahaan jasa dalam pensortiran kualitas biji kopi, demikian Dr. Erizal Sodikin. ***2***

(T.H-ZG/B/A026/B/A026) 18-11-2008 09:38:13

Tidak ada komentar: