Rabu, 26 November 2008

STAND INDONESIA DI SLOVAKIA

STAND INDONESIA DAPAT TEMPAT DI HATI MASYARAKAT SLOVAKIA

London, 26/11 (ANTARA) - Stand Indonesia yang diwakili KBRI Bratislava pada kegiatan International Christmas Bazaar ke-18 yang diselenggarakan International Women's Club (IWCB) di Bratislava, Slovakia, mendapat tempat di hati masyarakat Slovakia.

Bazar yang diikuti 30 wakil dari kedubes asing di Bratislava merupakan bazar terbesar di Slovakia, ujar Sekretaris Satu Sosial Budaya dan Pariwisata KBRI Bratislava, Wanton Saragih Sidauruk di London, Rabu.

Selain diikuti kedubes India, Mesir, Perancis, Jepang, Korea, China, Belanda, Jerman, Amerika, Polandia, Serbia, Brasil dan Turki bazar juga diikuti lembaga swasta antara lain dari kalangan pendidikan, British School.

Menurut Wanton Saragih, KBRI pada bazar tersebut mempromosikan Indonesia melalui penyajian makanan khas yang beraneka ragam diantaranya sate plus lontong, nasi goreng, mie goreng, dan makanan kecil seperti martabak, risoles, tahu isi, bakwan dan kue lapis.

Produk dan barang kerajinan tangan seperti selendang batik, dompet, kipas, syal batik, gantungan kunci, tas, sandal dan baju batik juga menarik perhatian pengunjung tercatat di panitia mencapai 4.275 orang.

Stand Indonesia dihias dengan banner yang menggambarkan etnis, budaya dan panorama alam serta spanduk logo 'Visit Indonesia Year 2008'.

Menlu Slovakia, Jan Kubis mengunjungi stand Indonesia bersama istri dan putrinya yang mendapat kenang-kenangan scarf batik dan diterima Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Bratislava Firdauzie Dwiandika didampingi Ella Firdauzie.

Menurut Wanton, dari hasil penjualan makanan dan barang-barang kerajinan KBRI Bratislava melalui Darma Wanita Persatuan (DWP) menyumbangkan dana SKK 27.126 atau sekitar 1.170 dolar AS.

Sumbangan tersebut diserahkan Ella Firdauzie selaku Ketua DWP mewakili KBRI Bratislava kepada IWCB. Kegiatan bazar tahunan yang diselenggarakan IWCB tersebut merupakan kegiatan sosial untuk penggalangan dana bagi penderita cacat dan yatim piatu serta yayasan-yayasan sosial lainnya di Slovakia, mendapat perhatian luar biasa baik dari masyarakat dan juga liputan luas media massa.

Stand Indonesia dipadati pengunjung dan bahkan stasiun televisi setempat seperti STV, TV JOJ dan TA3 stasiun televisi terbesar khusus 'News' menayangkan stand Indonesia serta wawancara dengan penjaga stand.

***2***
(T.H-ZG/B/S004/S004) 26-11-2008 08:30:24

Tidak ada komentar: