Selasa, 24 November 2009

FORUM INVESTASI RIAU DI NORWEGIA

FORUM INVESTASI RIAU DI NORWEGIA

London, 24/11 (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Oslo bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau menyelenggarakan seminar mengenai potensi investasi dan perdagangan Provinsi Riau. yang berlangsung di Scandic Hotel Asker, Oslo.

Forum Investasi dalam rangka mendorong peningkatan kerja sama Indonesia-Norwegia, ujar Sekretaris Tiga KBRI Oslo, Febby Fahrani kepada koresponden ANTARA London, Selasa.

Ia mengtakan, seminar dibuka Kuasa Usaha ad Interim KBRI Oslo, Mansyur Pangeran dan Kepala Badan Promosi dan Investasi Daerah Provinsi Riau Feizal Qamar Qarim, mewakili Gubernur Riau, Rusli Zainal.

Dalam sambutannya, Mansyur Pangeran menyampaikan selain untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi Indonesia sebagai tujuan investasi dan bisnis yang aman bagi investor dan pengusaha Norwegia.

Diharapkan dapat menjadi forum bagi pengusaha nasional, baik di pusat maupun daerah, BUMN dan instansi pemerintah untuk merangkul mitra mereka dari Norwegia.

Menurut Mansyur Pangeran, Riau sebagai salah satu dari 33 provinsi di Indonesia mempunyai potensi alam yang menjanjikan.

Diharapkan forum ini merupakan wahana yang tepat mengenal lebih dalam dan pada gilirannya akan menarik investor dan pelaku bisnis Norwegia untuk bergiat di Riau.

Mewakili pengusaha Norwegia yang tertarik untuk menjajaki peluang usaha dan investasi dengan Pemprov Riau, Jon Hanssen dari Innovation Norway dan Astri Sophie Platou dari Oslo Chamber of Commerce menyambut baik seminar yang diadakan di daerah Asker, sekitar 20 kilometer dari kota Oslo tersebut.

Menurut Jon Hanssen, Innovation Norway dan Oslo Chamber of Commerce berjanji untuk memperluas informasi mengenai potensi besar Riau kepada perusahaan-perusahaan Norwegia yang bernaung di kedua institusi tersebut.

Para pengusaha Norwegia yang hadir tampak antusias mendengarkan paparan mengenai potensi investasi dan perdagangan di Provinsi Riau seperti potensi pariwisata, energi dan infrastrukutur disampaikan pembicara, Bernardus Rahardja Djonoputro.

Bernardus Rahardja Djonoputro memaparkan potensi sumber daya alam yang dimiliki Riau serta komitmen pemerintah daerah untuk terus mendorong investasi di wilayah yang kaya akan sumber daya alam tersebut
Seminar dinilai memberikan kesempatan kepada para pengusaha Norwegia untuk melihat lebih dekat prospek berinvestasi dan berbisnis serta mencari mitra yang prospektif untuk melebarkan jaringan usahanya di Indonesia.

Antusiasme peserta dengan berbagai latar belakang bidang usaha seperti sektor energi, industri kapal pesiar, importir "pulp and paper, rubber, coconut fibres, agro and fish business" serta pariwisata tampak dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab.

Pada saat pertemuan langsung antara pengusaha Indonesia dan Norwegia dalam "one-on-one meeting" yang dinilai efektif sebagai penjajakan lebih jauh untuk mewujudkan potensi dan peluang tersebut menjadi hubungan bisnis yang konkrit dan saling menguntungkan.***2***(U-ZG)
(T.H-ZG/B/C004/C004) 24-11-2009 15:49:47

Tidak ada komentar: