Minggu, 01 November 2009

"SEKAR JAGAT" WARNAI PAMERAN WISATA THURINGEN JERMAN

"SEKAR JAGAT" WARNAI PAMERAN WISATA THURINGEN JERMAN

London, 1/11 (ANTARA) - Tari "Sekar Jagad" dan "Puspanjali" mewarnai acara pembukaan pameran wisata terbesar Erfurt Messe Reisen und Caravan yang digelar di Thuringen, Jerman, dari 29 Oktober hingga 1 November.

Bagi Indonesia pameran wisata Erfurt tahun ini mempunyai makna khusus karena penyelenggara memilih Indonesia sebagai negara mitra, ujar Counsellor Sosbud - PIPP KBRI Berlin Agus Priono kepada ANTARA London, Minggu.

Dikatakannya pada acara pembukaan pameran yang berusia 18 tahun itu, KBRI Berlin mengelar kesenian berupa sajian tarian Sekar Jagad dan Puspanjali yang menarik perhatian para pejabat negara bagian Thuringen.

Penampilan budaya Indonesia pada pembukaan acara pameran pariwisata terbesar di negara bagian Thuringen itu mendapat liputan dari media masa Jerman, baik media cetak maupun elektronik, ujarnya.

Pameran diikuti lebih dari 250 peserta. Selain Indonesia, negara lain yang ikut dalam pameran Erfurt Messe Reisen und Caravan tersebut antara lain Hungaria, Turki, Ceko, Australia, Tunisia, Canada dan Selandia Baru.

State Secretary pada Kementerian Ekonomi, Teknologi dan Tenaga Kerja Thuringen, Prof Kunachen menyampaikan penghargaan kepada Indonesia yang aktif melakukan promosi di Thuringen.

Sebagai negara mitra, Indonesia mendapatkan porsi liputan pemberitaan yang khusus dan setiap hari diberikan kesempatan untuk mengisi acara, seperti presentasi mengenai wisata dan penampilan kebudayaan.

Dalam pameran juga digelar demonstrasi memasak yang dilakukan ahli masak Indonesia yang berdomisili di Berlin dan pengunjung diberikan kesempatan untuk melakukan praktek memasak dan mencicipi panganan.

Menurut Agus, dalam pameran kali ini KBRI Berlin mengikutsertakan elemen-elemen terkait dalam mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Thuringen, seperti sektor swasta dan perhimpunan pelajar.

Selama pameran berlangsung pengunjung dapat melakukan pemesanan wisata ke Indonesia di tempat pameran, karena KBRI Berlin menggandeng dua travel biro di Jerman yang menjual paket wisata Indonesia.

Kedua travel biro, yaitu Airways Holidays dan Destinasia bersama-sama mempromosikan Indonesia melalui pameran tersebut.

Dalam penampilan seni budaya, KBRI Berlin juga mengikusertakan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Erfurt guna mengenalkan Indonesia kepada masyarakat di daerah tersebut. ***2***
(T.H-ZG/B/A026/A026) 01-11-2009 06:11:00

Tidak ada komentar: