Rabu, 25 November 2009

UGM JALIN KERJA SAMA DENGAN BAUMAN RUSIA

UGM JALIN KERJA SAMA DENGAN BAUMAN RUSIA

London, 25/11 (ANTARA) - Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Bauman Moscow State Technical University.

Acara penandatangan kerja sama itu dilakukan Wakil Rektor UGM, Prof. Ainun Naim, Ph.D dengan Wakil Rektor Universitas Teknik Bauman, Prof. GP. Pavlikhin, kata Counsellor KBRI Moskow, M. Aji Surya kepada koresponden Antara London, Rabu.

Menurut M Aji Surya, kedua rektor itu sepakat untuk segera melakukan kegiatan "joint degree program, double degree program, joint seminar & workshops" dan tukar-menukar dosen dan mahasiswa.
Ainun Naim bersama dengan enam orang timnya menyambut gembira kegiatan tersebut dan menyatakan segera melakukan implementasi dengan pengiriman beberapa dosennya ke Rusia.

"Kita memang terkesan dengan capaian dan tradisi keilmuan Bauman yang sudah sangat tua," ujarnya.

Sementara itu Pavlikhin menyepakati kunjungan tim profesornya ke UGM bulan April mendatang. Mereka tidak hanya akan mengimplementasikan kesepakatan, tetapi juga melakukan pengajaran dan seminar.

Universitas Negeri Teknik Bauman adalah perguruan tinggi teknik terbaik di Rusia dan lahir pada tahun 1830, tepat saat terjadinya pertempuran yang dikobarkan Pangeran Diponegoro di tanah Jawa.

Menurut Aji Surya, lulusan Bauman merancang aneka pesawat, satelit dan teknologi. Lulusannya antara lain adalah Sukoi dan Tupolev.

Sementara itu tiga rektor universitas Islam dari Rusia akan mengunjungi Universitas Islam Nasional Jakarta, Yogyakarta dan Malang.

Ketiga rektor dari Universitas Islam Moskow, Universitas Islam Rusia di Kazan, dan Universitas Islam Kaukasus itu akan mengadakan kunjungan ke Indonesia dari 27 November hingga 4 Desember.

Selain menjalin kerja sama dengan UIN, mereka juga akan digandeng oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Dubes RI Moskow menyatakan aneka kegiatan akademis itu adalah buah dari usaha KBRI dalam setahun terakhir untuk mengembalikan kejayaan kerja sama bidang pendidikan bilateral sebagaimana tahun 1960-an.***4***
(U-ZG)
(T.H-ZG/C/I011/I011) 25-11-2009 18:28:26

Tidak ada komentar: