Senin, 16 November 2009

INDO-IRISH GALANG DANA UNTUK SUMBAR

INDO-IRISH GALANG DANA UNTUK SUMBAR

London, 17/11 (ANTARA) - Masyarakat Indonesia di Irlandia yang tergabung dalam Indo-Irish Association bersama KBRI London dan Konsul Kehormatan Indonesia di Dublin menggelar "Indonesian Cultural Night" untuk menggalang dana bagi korban gempa di Sumatra Barat.

Acara yang dihadiri sekitar 250 orang itu digelar di Restauran Break for the Border, Dublin, Irlandia, kata Sekretaris Tiga KBRI London Billy Wibisono kepada korespodnen ANTARA London, Selasa.

Menurut dia, pasa kesempatan itu Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia Yuri Octavian Thamrin menyampaikan penghargaannya dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Irlandia atas kepedulian mereka kepada para korban gempa bumi di Sumatra Barat (Sumbar).

Hal it menunjukkan kedekatan hubungan antara kedua negara yang telah terjalin selama ini, bukan hanya pada level pemerintah atau sektor swasta namun juga pada tingkat masyarakat.

Berbagai kesenian tradisional Indonesia yang digelar pada acara itu yang mendapat sambutan meriah, antara lain tari yapong, saman, gambyong dan eksebisi pencak silat.

Selain itu, KBRI London juga menyumbangkan kesenian rampak kendang dan band KBRI yang menyanyikan lagu-lagu daerah dari Indonesia serta beberapa lagu populer.

Dalam kesempatan itu, Dubes Yuri menyumbangkan suaranya dengan menyanyikan lagu Spanyol berjudul La Historia de un Amor.

Pada malam tersebut berhasil terkumpulkan dana lebih dari 1.000 euro yang akan disumbangkan kepada korban gempa di Sumbar melalui Palang Merah Indonesia.

Masyarakat Indonesia di Irlandia yang hanya berkisar 300 orang, terus berkarya untuk mempopulerkan nama Indonesia terutama melalui seni-budaya dengan tampil dalam berbagai acara di beberapa kota di Irlandia.

Sebagai wadah bagi masyarakat Indonesia di Irlandia, Indo-Irish Association juga bekerja sama erat dengan KBRI London dan Konsulat RI di Dublin untuk meningkatkan citra Indonesia di Irlandia, katanya. ***3***(U-ZG)
(T.H-ZG/B/N002/N002) 17-11-2009 08:31:38

Tidak ada komentar: