Rabu, 11 November 2009

"GARUDA DI DADAKU" MERIAHKAN HARI PAHLAWAN DI PRAHA

"GARUDA DI DADAKU" MERIAHKAN HARI PAHLAWAN DI PRAHA

London, 12/11 (ANTARA) - Warga Indonesia yang bermukin di Praha, Ceko memperingati Hari Pahlawan 10 November 2009 dengan pemutaran film "Garuda di Dadaku" yang digelar di KBRI Praha, Selasa (10/11) malam.
Keterangan tertulis yang diterima koresponden Antara London, Kamis, menyebutkan, peringatan Hari Pahlawan 2009 itu dibuka Sekretaris Pertama Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Praha Azis Nurwahyudi, yang mewakili Duta Besar Salim Said .

Pada kesempatan tersebut juga dibacakan sambutan Menteri Sosial RI yang mengingatkan kepada seluruh warga Indonesia untuk bahu membahu merapatkan barisan memberikan sumbangsih yang terbaik kepada bumi pertiwi.

Azis Nurwahyudi menyampaikan arti pentingnya memperingati Hari Pahlawan untuk menanamkan sikap hormat kepada pahlawan dan menumbuhkan semangat cinta tanah air meskipun jauh dari Indonesia.

Tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2009 adalah "Dengan Semangat dan Nilai-Nilai Kepahlawanan, Kita perkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia". Kegiatan itu diisi dengan acara mengheningkan cipta untuk mendoakan arwah pahlawan yang telah gugur.

Usai acara resmi, dilanjutkan dengan pemuputaran film "Garuda di Dadaku" karya sutradara Ifa Isfansyah, bertempat di Bioskop Mini KBRI.

Pesan cerita film tersebut diharapkan dapat terus menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi generasi muda Indonesia di negara bekas komunis ini.

Film menceritakan kisah Bayu, yang duduk di Sekolah Dasar dan memiliki mimpi untuk menjadi pemain sepak bola hebat agar bisa membawa nama bangsa Indonesia.

Film tersebut juga rencananya akan diikutsertakan pada festival film anak-anak di Zlin tahun depan.

Pada akhir acara, masyarakat menikmati Soto Betawi yang dapat mengobati kerinduan akan kuliner tanah air sekaligus menutup peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini.

***4***
(U.H-ZG/C/A041)
(T.H-ZG/C/A041/A041) 12-11-2009 13:03:23

Tidak ada komentar: