Sabtu, 28 November 2009

IKJ DAN AMU PRAHA JALIN KERJA SAMA PENDIDIKAN SENI

IKJ DAN AMU PRAHA JALIN KERJA SAMA PENDIDIKAN SENI

London, 28/11 (ANTARA) - Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Dr. Wagiono Sunarto, dan Rektor Academy of Performing Arts in Prague (AMU), Dr. Ivo Mathe, menyepakati kerja sama antardua lembaga pendidikan seni di kedua negara.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan di City Library Hall, Praha disaksikan Dubes RI untuk Republik Ceko, Salim Said dan sejumlah duta besar serta masyarakat umum, ujar Counsellor Pensosbudpar, KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada korespoden Antara London, Sabtu.

Aziz Nurwahyudi mengatakan penandatanganan kerja sama itu dilakukan Rektor IKJ, Dr. Wagiono Sunarto yang mengadakan kunjungan beserta rombongan selama seminggu ke Academy of Performing Art in Prague,Praha yang mempunyai tiga fakultas, yakni Fakultas Theater, Fakultas Film dan TV , serta Fakultas Musik dan Tari.

Selain melakukan kunjungan dan membicarakan rencana kerja sama kedua lembaga seni, IKJ juga memberikan lokakarya tari yang dilakukan Professor Sardono Kusumo kepada mahasiswa fakultas tari dan mahasiswa IKJ yang ikut dalam rombongan tersebut.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan sebelum pementasan
"Indonesian Contemporary Dance" yang menampilkan tiga tari karya mahasiswa IKJ yakni "Red" karya Asri Sidowati.

Dalam pementasan yang menggambarkan kondisi bumi semakin panas akibat dari global warming, "Covering With Colors" karya Andara F. Moeis yang ditarikan dengan indah diantara berbagai kertas berwarna dan "Variations on Mask" karya Hanny Herlina mengambil inspirasi tari Topeng dari Jawa Barat.

Ketiga tarian tersebut juga ditarikan mahasiswa IKJ yang turut dalam kunjungan kali ini.

Selain tari, IKJ juga menampilkan sebuah film berjudul "Cinta" yang disutradarai Stevent Winata. Film ini menceritakan hubungan dua anak muda berbeda suku dan agama yang dinilai melawan adat.

Dalam acara pembukaan, Dubes Salim Said menyatakan kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan hubungan antarwarga atau people-to-people contact antara Indonesia dengan Ceko terutama di bidang pendidikan dan antargenerasi muda kedua bangsa.

Diharapkan ke depan akan terdapat berbagai aktivitas yang dapat semakin mempererat hubungan baik tersebut.

Kerja sama bidang pendidikan ini merupakan pelaksanaan salah satu persetujuan yang disepakati Sidang Komisi Bersama Pemerintah RI-Ceko yang ditandatangani Dirjen Amerika Eropa Deplu, Dubes Retno L.P. Marsudi dan Deputi Menteri Perdagangan dan Perindustrian Ceko, Vlastimil Lorenz, Agustus lalu.

Diharapkan, kegiatan seperti ini akan meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Ceko yang semakin erat dan bermanfaat bagi banyak pihak. ***5***

(U-ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 28-11-2009 10:13:39

Tidak ada komentar: