Selasa, 03 November 2009

SENDRATARI CALON ARANG MEMUKAU WARGA BRUSSEL

SENDRATARI CALON ARANG MEMUKAU WARGA BRUSSEL

London, 3/11 (ANTARA) - Sendratari Calon Arang tampil memukau para pengunjung yang memenuhi Gedung Corcert Noble di Brussel, dalam acara malam dana untuk korban gempa bumi Sumatra Barat sekaligus mengakhiri acara bulan promosi Indonesia di Belgia selama sebulan penuh.

"KBRI Brussel bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Timur dan Sanggar Viatikara-Surabaya asuhan Tommy Marwoto menggelar serangkaian pertunjukan kesenian Sendratari Calon Arang," ujar Minister Counsellor Pensosbud, PLE Priatna, kepada koresponden Antara London, Selasa.

Dikatakannya, selama berada di Brussel, rombongan grup Viatikara didampingi pejabat dari DPRD Jawa Timur, Djafar Sodiq dan Kepala Dinas Kebudayaan Ahmad Soepanji.

Menurut Priatna, KBRI Brussel bekerja sama dengan Pusat Studi Asia dan Manajemen Universitas Konstanz sebelumnya mengelar Sendratari Calon Arang di Jerman yang juga mendapat sambutan meriah.

Dalam acara pembukaan Sendratari Calon Arang, yang dihadiri antara lain Dubes ASEAN, Uni Eropa, kalangan pecinta seni Indonesia, yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda seorang gadis manis Nina Priatna mengucapkan Sumpah Pemuda.

Hall Concert Noble yang dipadati 300 undangan dengan tertib menyaksikan alunan gamelan dan gerak gemulai menghentak Tari Jejer Banyuwangi, Tari Pecut dan Calon Arang.

Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa Nadjib Riphat Kesoema mengatakan, filosofi Sendratari Calon Arang tidak hanya menampilkan cerita pertarungan kekuatan yang baik dan jahat, tapi juga mengungkap kekayaan kesenian yang dimiliki Jawa Timur dengan segala keunikannya.

Sementara itu, Minister Counsellor Pensosbud PLE Priatna, mengatakan, KBRI Brussel menggagas program dengan menampilkan kesenian unik berupa tarian Jawa Timur dan Sendratari Calon Arang di beberapa tempat, serta workshop dengan publik pecinta seni dan mahasiswa serta kalangan diplomatik di Brussel.

"Hal ini dimaksudkan agar budaya Indonesia dapat menembus berbagai penonton yang berbeda segmennya yang ternyata apresiasinya sangat mengejutkan," ujar PLE Priatna, di sela-sela pertunjukan.

PLE Priatna mengatakana bahwa bulan Promosi Indonesia di Brussel berlangsung sejak 2 Oktober antara lain diisi dengan peragaan busana karya perancang muda Indonesia Nisa Riphat yang mendapat sambutan meriah.

Selain itu, pertunjukan Lungsuran Daur, musik hijau dari Bandung, kolaborasi tiga warna tari, film dan buku di museum Bozar dan Viatikara Surabaya di Museum Instrumen Musik dan Concert Noble menjadi promosi yang sukses serta mendapat sambutan publik Eropa, demikian PLE Priatna. ***5***
(U.H-ZG/B/A041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 03-11-2009 07:18:15

Tidak ada komentar: