Jumat, 20 November 2009

IYC BEKALI AKTIVIS MUDA INDONESIA

IYC BEKALI AKTIVIS MUDA INDONESIA

London, 21/11 (ANTARA) - Duta Indonesia untuk jaringan aktivis muda internasional Global Changemakers, Alanda Kariza (17), mengajak anak muda Indonesia menyalurkan aspirasi dan pendapat mereka melalui kegiatan Indonesian Youth Conference (IYC).

IYC adalah konferensi remaja Indonesia yang akan diselenggarakan di Jakarta, 7-11 Juli tahun depan, ujar Alanda Kariza kepada koresponden ANTARA London, Sabtu.

Menurut Program Director IYC itu, kegiatan itu bertujuan mewadahi anak muda Indonesia untuk berani berpendapat dan belajar mendengarkan pendapat orang lain.

Dengan berpartisipasi di berbagai konferensi dan forum diskusi remaja tingkat internasional, kami mendengar berbagai cerita dari remaja dari seluruh dunia mengenai pemberdayaan remaja di negara masing-masing, ujar Alanda.

Dikatakannya, IYC mempunyai wadah untuk didengar, mulai dari forum tahunan maupun parlemen remaja. "Kami percaya remaja Indonesia memiliki potensi besar untuk itu, dan ingin memastikan bahwa suara remaja bisa didengar dan ditanggapi dengan serius," ujar pendiri komunitas sosial The Cure For Tomorrow (TFCT) itu.

Menurut dia, atas dasar hal itut juga nama IYC dipilih agar orang asing tahu bahwa remaja Indonesia juga memiliki semangat, aspirasi dan opini.

IYC terbagi menjadi dua rangkaian kegiatan, yaitu forum dan festival. Festival IYC akan diselenggarakan 10-11 Juli 2010 di Jakarta.

Festival ini terdiri dari seminar, workshop, pemutaran film, pertunjukan musik, tari, peragaan busana dan bazaar yang terbuka untuk umum.

Praktisi dan pejabat pemerintah akan diundang untuk membagi pengetahuan dan pengalaman mereka kepada anak muda, sekaligus mendengar aspirasi dan pertanyaan yang muncul dari mereka.

Sementara itu, Forum IYC akan diselenggarakan 7-9 Juli tahun depan, dimana IYC akan mengundang 33 aktivis muda yang berusia 15 sampai 21 tahun dari seluruh Indonesia untuk mewakili provinsinya masing-masing.

Forum ini akan terdiri dari berbagai seminar dan workshop yang mencakup berbagai topik dari sudut pandang project management dan entrepreneurial skills, ujarnya.

Penyelenggara berharap 33 perwakilan provinsi ini dapat membuat perubahan di lingkungannya masing-masing dan membawa pengaruh positif bagi sekitarnya setelah IYC selesai diselenggarakan.

Alanda bersama rekannya yang tergabung dalam tim penyelenggara IYC mencari remaja berusia 15 sampai 21 tahun yang peduli lingkungan sekitar. ***5***
(T.H-ZG/B/R014/R014) 21-11-2009 03:40:48

Tidak ada komentar: