Selasa, 11 Mei 2010

KESUKSESAN REFORMASI MODAL INDONESIA DI DUNIA INTERNASIONAL

KESUKSESAN REFORMASI MODAL INDONESIA DI DUNIA INTERNASIONAL

London, 12/5 (ANTARA) - Dubes RI untuk Inggris dan Irlandia Yuri Thamrin mengatakan, kesuksesan Indonesia dalam reformasi di berbagai bidang selama 12 tahun telah mewujudkan Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

Hal ini merupakan modal dasar bagi Indonesia untuk lebih berperan di dunia internasional, ujar Dubes dalam kuliah umum berjudul "Indonesia's Growing Role: Development, Reform and Foreign Policy" di Institute for Arab and Islamic Studies, Universitas Exeter, Inggris.

Sekretaris Tiga KBRI London, Billy Wibisono kepada koresponden ANTARA London, Rabu, mengatakan, kunjungan Dubes ke Universitas Exeter guna memenuhi undangan Prof. Steve Smith, Rektor dari Universitas yang masuk dalam rangking 10 besar di Inggris.

Lebih lanjut Dubes menjelaskan, reformasi Indonesia merupakan proses yang masih berjalan dan mengalami berbagai tantangan antara lain pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, perbaikan struktur kepemerintahan, serta ekonomi dalam menjawab globalisasi.

Terkait dengan Islam di Indonesia, Dubes menekankan pandangan alarmist yang disuarakan kalangan fundamentalisme Islam di Indonesia tidak terlalu akurat terbukti dari berbagai kemajuan yang dicapai Indonesia, khususnya dalam pemberantasan terorisme.

Dalam kuliah umum tidak hanya hadir mahasiswa dan mahasiswi Universitas Exeter, tetapi juga professor dan dosen di universitas tersebut.
Selain memberikan kuliah umum, Dubes memanfaatkan kunjungannya untuk membicarakan berbagai kemungkinan kerja sama pendidikan dengan universitas di Indonesia.

Berbagai bentuk kerja sama yang dibahas antara lain pembentukan studi mengenai Indonesia, pembentukan jalinan kerja sama pendidikan dengan universitas di Indonesia.

Selain itu juga peningkatan jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Unviersitas Exeter maupun berbagai bentuk kerja sama lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Sementara itu, di sela-sela kunjungan ke kota Exeter Dubes berkesempatan bertemu dengan komunitas masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Exeter.

Pada kesempatan tersebut Dubes menyampaikan imbauan agar masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Exeter dapat ikut serta memperkenalkan Indonesia dan citra baik Indonesia ke berbagai kalangan di Inggris.

Dubes juga melakukan dialog mengenai berbagai hal yang menyangkut aspirasi masyarakat Indonesia di Exeter maupun mengenai pelayanan kekonsuleran KBRI London. (U-ZG)

(T.H-ZG/B/R014/R014) 12-05-2010 07:06:54

Tidak ada komentar: