Minggu, 02 Mei 2010

PM HUNGARIA RESMIKAN PYRAMIDA HIJAU

PM HUNGARIA RESMIKAN PYRAMIDA HIJAU

London, 2/5 (ANTARA) - Perdana Menteri Hungaria, Dr Gordon Bajnai, meresmikan Rumah Hutan Tropis dan Oceanarium Indonesia "Pyramida Hijau" di kawasan Taman Margasatwa Sosto, TM Sosto, kota Nyiregyhaza, Hungaria.

Persemian Pyramida Hijau itu dilakukan PM Hungaria sebagai tamu khusus Presiden RI yang diwakili Dubes Mangasi Sihombing dengan pengguntingan pita bersama Wali Kota Judit Csabai dan Direktur T.M. Sosto, Laszlo Gajdos.

Sekretaris Kedua KBRI Budapest, Patricia Silalahi kepada koresponden ANTARA London, Minggu, mengatakan upacara peresmian ini ditandai dengan pertunjukan musik dan tarian tradisional Indonesia.

Dikatakannya, sesaat setelah memasuki area T.M. Sosto, Perdana Menteri Bajnai disambut dengan tarian Tortor dari Sumatera Utara, dan bahkan ikut menari.

Perdana Menteri Bajnai, dalam sambutan pembukaannya, menekankan pentingnya pelestarian lingkungan. Pengembangan T.M. Sosto Nyiregyhaza menurutnya akan ikut memberikan sumbangan yang berarti bagi pembangunan kawasan timur Hungaria.

PM Dr Gordon Bajnai menguraikan kebijakan dan upaya Hungaria dalam mengatasi dampak krisis keuangan dan ekonomi global.

Ia juga memandang pentingnya kerja sama antara Indonesia dan Hungaria serta menyatakan terimakasihnya atas perhatian Pemerintah Indonesia kepada T.M. Sosto Nyiregyhaza.

Sementara itu Dubes Mangasi Sihombing menggarisbawahi pentingnya tugas untuk membangun rasa cinta terhadap lingkungan yang juga merupakan misi setiap taman margasatwa.

Dikatakannya, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Indonesia dalam menggalang perhatian dan kerjasama internasional untuk pelestarian lingkungan termasuk dalam mengatasi dampak pemanasan global dan upaya menyelamatkan sumber-sumber kelautan.

Ia menekankan bahwa Indonesia secara unilateral melakukan pengurangan emisi karbon tanpa menunggu komitmen oleh negara-negara lain.


Komodo Indonesia
Pemerintah kota Nyiregyhaza bersama Taman Margasatwa Sosto telah merencanakan pembangunan sebuah rumah Hutan Tropis dan Oceanarium Indonesia, yang di beri nama Pyramida Hijau, jauh sebelum sepasang Komodo Indonesia tiba di Hungaria Februari lalu.

Bangunan ini seluas 4.000 meter persegi dan merupakan yang terbesar di seluruh kawasan TM Sosto dan memiliki kerucut yang terbuat dari kaca dan tingginya 15 meter.

Bangunan inilah yang menampung sebagian koleksi satwa dan tumbuhan Indonesia. Bangunan tersebut berada di areal khusus Indonesia yang luasnya dua hektare.

Pimpinan T.M Sosto, Laszlo Gajdos, menyatakan kehadiran Komodo Indonesia di Nyiregyhaza akan ikut mengangkat nama taman yang dipimpinnya.

Ia dan Wali Kota Nyiregyhaza, Dr. Judit Csabai menyatakan terimakasih atas penyerahan komodo tersebut dalam rangka kerja sama "loan breeding" antara kedua negara.

Mengingat besarnya Pyramida Hijau, Dr. Bernhard Blaszkiewitz, direktur taman margasatwa, menyebutnya sebagai sebuah kebun binatang tersendiri. Bangunan ini juga dilengkapi dengan restoran dan kafe, dan semuanya dengan nama-nama Indonesia.

Dalam upacara pembukaan yang dihadiri ratusan undangan antara lain nampak pejabat tinggi pemerintah pusat Hungaria, direktur taman-margasatwa dari Negara-negara tetangga, tokoh masyarakat, media dalam dan luar negeri, demikian Patricia Silalahi.(U-ZG)
(T.H-ZG/B/S005/S005) 02-05-2010 19:15:16

Tidak ada komentar: