Rabu, 05 Mei 2010

PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DIHARAPKAN TINGKATKAN INVESTASI SPANYOL

PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DIHARAPKAN TINGKATKAN INVESTASI SPANYOL


Barcelona, 5/5 (ANTARA) - Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menjanjikan diharapkan dapat meningkatkan investasi Spanyol ke Indonesia.

Pemerintah optimis pertumbuhan ekonomi meningkat 6-6,2 persen tahun ini dan diharapkan akan mencapai 6,9 persen di tahun 2011, kata Dubes pada acara promosi budaya dan produk Indonesia yang digelar KBRI Madid bersama PT Jarum Kudus dan PT Garuda Indonesia di Hotel Art, Barcelona, Selasa malam.

Diakuinya meskipun krisis melanda dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga dan bahkan meningkat sampai 5,7 persen. Pertumbuhan untuk 2012 diharapkan terus meningkat.

Kondisi tersebut merupakan saat yang tepat bagi Spanyol untuk berinvestasi karena dalam lima tahun mendatang pemerintah Indonesia fokus pada pengembangan berbagai infrastruktur transportasi, energi, pertambangan, dan pariwisata.

Kebijaksanaan investasi yang kondusif akan memberikan peluang yang sangat luas bagi investor asing, khususnya investor dari Spanyol, ujar Dubes yang yakin pengusaha Spanyol merupakan investor yang potensial.

Apalagi, Indonezsia sejak setahun lalu membuka kantor Pusat Promosi Perdagangan Indonesia di Barcelona yang dipimpinan Abu Umar yang menjadi pelaksanaan teknis perwakilan Indonesia di luar negeri yang menyediakan layanan untuk menfasilitasi peningkatan perdagangan dua arah.

Dubes Adiyatwidi Adiwoso Asmady mengatakan krisis yang melanda Yunani, Portugal, dan merambah ke Spanyol mengakibatkan Indonesia perlu mencari terobosan baru, terutama dalam menghadapi Spanyol yang mengalami kesulitan akibat dampak dari krisis yang melanda beberapa negara di Eropa.

"Bagaimana kita meliat peluang dalam keadaan seperti itu agar investor Spanyol bisa masuk ke Indonesia. Banyak sekali yang dapat digali, khurusnya dalam bidang pariwisata yang perlu dipelajari Indonesia," ujarnya.


Promosi Budaya
Sementara itu PT Jarum Kudus mempromosikan budaya dan produk Indonesia berupa kretek. Promosi ini akan digelar di empat kota di Spanyol, yaitu di Barcelona, Seville, Vigo, dan Coruna. Dalam setiap acara, undangan akan mendapat "lucky draw" berupa tiket pesawat dari penerbangan Garuda yang akan membuka jalur penerbangan ke Eropa mulai Juni mendatang.

Di setiap kota akan diundi hadiah berupa undangan untuk datang ke bazaar amal di KBRI Madrid diadakan 20 Juni mendatang dan dari keempat pemenang kembali diundi mendapatkan hadiah tiket penerbangan Garuda dari Amsterdam ke Indonesia PP.

Promosi budaya yang berupa tari-tarian dibawakan Endang Kadek, penari Bali yang berdomisili di Madrid. Dia membawakan tari Panyembrama, tari selamat datang, dan dilanjutkan dengan tari Cendrawasih dari Bali berhasil memukau sekitar 100 undangan.

Selain itu, kegiatan promosi ini juga memperkenalkan produk kretek dari Indonesia yang diproduksi PT Jarum Kudus yang telah masuk ke pasar Spanyol sejak lama, namun agak terhambat sejak adanya resesi.

(U-ZG/
(T.H-ZG/B/A027/A027) 05-05-2010 11:28:48

Tidak ada komentar: