Jumat, 14 Juni 2013

PORTUGAL


KERUKUNAN BERAGAMA TARIK PERHATIAN TV PORTUGAL

Oleh Zenita Gibbon

London, 13/6 (Antara) - Kerukunan umat beragama di Indonesia merupakan contoh yang mengesankan dan bagaimana seharusnya berbagai negara dapat meniru di negara muslim terbesar di dunia itu.

Hal itu indah dan bermakna sekali, ungkap Jurnalis TV terbesar Portugal, RTP, Armando Seixas Ferreira, bersama rekan kameraman RTP, Rui Silva, yang menuangkannya ke dalam film dokumenter berjudul A Ilha de Cristo (The Island of Christ).

Pensosbud KBRI Lisbon Tri Wahyuni kepada Antara London, Kamis, mengatakan Film dokumenter tersebut ditayang di saluran TV RTP1, program Linha da Frente (Front Line), pada Kamis pukul 21.00 waktu Portugal.

Pulau Flores di Indonesia diinjili oleh misionaris Portugis 500 tahun yang lalu. Di Larantuka, Katolik dan Muslim bergabung untuk melaksanakan upacara dari Pekan Suci di satu-satunya pulau Katolik di Indonesia.

Dalam film berdurasi 30 menit dan disiarkan secara nasional di seluruh Portugal dan Asia, Afrika dan Amerika Latin, melalui saluran RTP Informação di negara CPLP, Armando mengupas detik-detik perayaan ritual Paskah Semana Santa.

Ribuan umat Katolik dari berbagai pulau di Indonesia datang berbondong-bondong merayakannya. Kaum muslim yang merupakan mayoritas penduduk Indonesia, membantu saudara sebangsanya datang dan beribadah.

Menurut Armando, hal ini indah dan bermakna sekali. Kerukunan umat beragama di Indonesia merupakan contoh yang mengesankan dan bagaimana seharusnya dunia atau negara lainnya bisa meniru.

Armando dan Rui Silva berkesempatan mengunjungi Larantuka, Flores Timur, pada Maret-April lalu, bertepatan dengan perayaan Paskah Semana Santa di Larantuka.

Kesempatan berkunjung ke Indonesia tidak disia-siakan kedua wartawan, yang memang telah lama mengimpikan meliput Indonesia dan warisan Portugis di Tanah Air.

Kunjungan jurnalistik Armando dan Rui Silva merupakan bagian dari program framtrip Kemparekraf RI dan KBRI Lisabon tahun 2013, demikian Tri Wahyuni. ***4***
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 13-06-2013 09:23:37


Tidak ada komentar: