Jumat, 07 Juni 2013

SERBIA


PM SERBIA APRESIASI DUKUNGAN INDONESIA UNTUK KOSOVO

Oleh Zeynita Gibbons

London, 6/6 (Antara) - PM Serbia Ivica Dacic menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Indonesia atas komitmen dan konsistensi dukungan RI terhadap Serbia untuk penyelesaian secara damai bagi Kosovo.

"Hal itu disampaikan Perdana Menteri Serbia, Ivica Dacic, saat bertemu dengan Ketua DPR RI H Marzuki Alie beserta delegasi anggota DPR RI yang mengadakan kunjungan ke Serbia," kata Pensosbud KBRI Serbia Ariana Yulianti kepada Antara London, Kamis.

Kunjungan Ketua DPR RI di Serbia itu memberikan arti penting bagi peningkatan hubungan kerja sama kedua negara, karena untuk pertama kalinya dalam 57 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Serbia yang dulu bernama Yugoslavia.

Selama di Serbia, delegasi DPR RI mengadakan pertemuan dengan Ketua Parlemen Serbia, Nebojsa Stefanovic, di Gedung National Assembly Serbia, di Kota Beograd.
Indonesia sebagai salah satu negara dengan kemajuan pembangunan ekonomi yang pesat dan kini telah masuk sebagai salah satu Negara G20 memiliki peranan penting di dunia internasional, yang diharapkan dapat menjembatani Serbia dalam membuka hubungan kerja sama yang lebih luas baik dengan Indonesia maupun dengan negara-negara ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai serta peran aktif DPR RI dan Parlemen Serbia serta kalangan pemerintahan dalam penekanan hubungan strategis kedua negara yang difokuskan pada kerja sama "Kemitraan Startegis" (Strategic Partnership) di sektor politik, sosial budaya, dan khususnya di sektor ekonomi perdagangan untuk mendorong kemajuan pembangunan kedua negara.

Hubungan persahabatan Indonesia dan Serbia yang terjalin dengan baik selama 57 tahun semenjak era Yugoslavia memberikan kemudahan bagi kedua negara yang meskipun terpisah jauh secara geografis, namun dalam kerangka hubungan kerja sama bilateral merupakan hubungan negara yang dekat dan bersahabat.

Dalam kunjungan pada 4-8 Juni itu, Ketua DPR RI dan delegasi juga mengadakan pertemuan dengan Presiden Serbia, Tomislav Nikolic, dan Menteri Perdagangan dan Telekomunikasi Serbia, Rashim Ljaljic, untuk membuka peluang kerja sama baru di berbagai sektor dengan Serbia. ***1*** (ZG)
(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 06-06-2013 07:21:37

Tidak ada komentar: