Selasa, 13 Agustus 2013

BERLIN


    IDUL FITRI - PANGGUNG GEMBIRA HALAL BI HALAL DI BERLIN

          London, 13/8 (ANTARA) - Sebanyak 1.300 orang masyarakat Indonesia yang berdomisili di Berlin dan sekitarnya serta dari berbagai pelosok Jerman hadir pada acara Halal Bi Halal yang digabung peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68, di Wisma Duta, kediaman Dubes RI di Berlin.

         Acara digelar  dalam format panggung gembira juga dihadiri "friends of Indonesia"  serta beberapa Dubes dan diplomat Perwakilan Negara sahabat di Jerman, kata  Sekretaris Dua KBRI Berlin, Purno Widodo kepada Antara di London, Selasa.

         Menurut Purno Widodo, suasana lebaran terlihat cukup mendominasi pada acara tersebut dengan dihidangkannya berbagai sajian khas lebaran seperti ketupat, opor dan juga sambal goreng ati serta jajanan khas Indonesia lainnya.

         Sementara itu di panggung hiburan dimeriahkan dengan sajian, yang merupakan sumbangan dari berbagai komponen masyarakat Indonesia di Berlin serta artis Indonesia Diatra Zulaika .

         Dubes RI Dr. Eddy Pratomo dalam sambutannya,  menggarisbawahi makna dari acara yang bertujuan  memupuk tali silahturahim semua komponen masyarakat Indonesia di Berlin.

         Diharapkannya masyarakat Indonesia apapun profesinya dapat mempromosikan Indonesia dan  berkontribusi dalam menunjang berbagai tujuan nasional Indonesia yang dimandatkan  Perwakilan Indonesia di Jerman.

         Hal tersebut sejalan dengan tema acara yang menggarisbawahi pentingnya kerjasama seluruh komponen bangsa guna mengimplementasikan Kemitraan Komprehensif Indonesia-Jerman .

         Acara secara resmi dimulai pada pukul 12.30, namun sejak pukul 11.00 para tamu mulai berdatangan, khususnya dari kalangan diplomatik seperti Dubes dari Negara ASEAN serta  pejabat Pemerintah Jerman.

         Acara diawali dengan penampilan Band KBRI Berlin membuka acara dengan dua lagu bernuansa lebaran dan patriotik  itu dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia, Dr. Siswo Pramono.

         Acara semakin seru dengan berbagai penampilan kelompok masyarakat yang menghangatkan panggung dengan lagu-lagu, tarian, pencak silat dan permainan tradisional.

         Lagu mengiringi tarian Yospan dan Sajojo yang dibawakan  mahasiswa Papua, membuat pengunjung hanyut dalam tarian asal Papua tersebut.

         Acara puncak digelar lomba Joget Dangdut yang dipandu  artis Diatra Zulaika yang sebenarnya beraliran musik klasik namun  piawai menyuarakan tembang-tembang dangdut.

         Berkumpulnya masyarakat Indonesia pada acara ini dimanfaatkan KBRI Berlin mensosialisasikan Pemilu RI tahun 2014 oleh  Panitia Pemilihan Luar Negeri  (PPLN) di wilayah akreditasi KBRI Berlin yang terbentuk beberapa waktu yang lalu.

         Selain memberikan sosialisasi secara langsung di atas panggung,  juga dibuka stand khusus Warung Sosialisasi PPLN 2014 serta  Warung Konsuler yang bertujuan untuk melayani hal-hal kekonsuleran kepada masyarakat Indonesia.

         Acara dimeriahkan bazar didukung Restauran Indonesia di Berlin, seperti Restauran Nusantara, Handoyo, Tuk-tuk, Java Imbiss, dan Restaurant Mabuhay, Airways Travel, dan PT Indofood Sukses Makmur yang menyediakan doorprize untuk pengunjung yang  hadiah utamanya berupa Tiket Perjalanan Berlin-Jakarta-Berlin serta souvenir .

         Berbagai doorprize tersebut membuat semua yang hadir tidak meninggalkan tempat hingga acara berakhir walaupun sempat diguyur hujan yang lumayan deras. 
    Panggung Gembira merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang KBRI Berlin dalam rangka memperingati HUT RI ke-68 bersamaan dengan acara Halal Bihalal. 
    Berbagai perlombaan dan pertandingan olah raga digelar sebulan sebelumnya  rangkaian dari kegiatan ini, selain kegiatan upacara penaikan dan penurunan bendera tanggal 17Agustus, dilanjutkan dengan Resepsi Diplomatik yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 September mendatang.

    ***1***(ZG)



(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 13-08-2013 08:03:35

   

Tidak ada komentar: