Minggu, 11 Agustus 2013

JENEWA

IDUL FITRI - DUBES HARAPKAN PERAYAAN IDUL FITRI TINGKATKAN UKHUWAH

London, 9/8 (Antara) - Wakil Tetap Republik Indonesia di Jenewa, Duta Besar Triyono Wibowo mengharapkan perayaan Idul Fitri 1434 H dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai kesabaran, keikhlasan, peduli sesama, dan semangat ukhuwah yang terpupuk selama Ibadah Ramadhan.

Hal itu disampaikan Dubes Triyono Wibowo, seusai Ibadah Shalat `Ied yang diadakan PTRI Jenewa yang diikuti lebih dari 250 warga masyarakat Indonesia yang berdomisili di Jenewa dan sekitarnya, yang memadati Ruang Nusantara PTRI Jenewa, Kamis.

Sekretaris Tiga PTRI Jenewa Nanda Avalist kepada Antara London, Kamis mengatakan Shalat `Idul Fitri di PTRI Jenewa diikuti warga Indonesia dari berbagai kalangan, baik yang bekerja di berbagai badan dan organisasi internasional, pelajar, mahasiswa, maupun bidang kegiatan lainnya di Jenewa.

Lebih lanjut Dubes Triyono Wibowo mengharapkan nilai-nilai keutamaan tersebut tidak saja diamalkan selama bulan Ramadhan namun juga perlu terus dilanjutkan dan ditumbuhkembangkan dalam dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Triyono Wibowo mengingatkan masyarakat Indonesia di Jenewa agar memanfaatkan momentum Idul Fitri 1434 H ini untuk senantiasa menjaga tali silaturahim dan hubungan kekeluargaan, kekompakan dan keakraban yang positif.

Sementara itu Ustadz Abdul Hayyie Al-Kattani dari Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir, dalam khutbah `Idul Fitri mengatakan Ramadhan adalah madrasah untuk menempa ketaqwaan, kesabaran, tazkiyatun nafs (penyucian jiwa), serta ajang peningkatan kecerdasan emosional, spiritual, dan intelektual-profetis.

Ditekannya hakikat pesan Ramadhan dan spirit Idul Fitri dimana manusia sebagai hamba Allah diharapkan dapat berdamai dengan dirinya serta menebarkan kedamaian dan rahmat kepada lingkungan sekitarnya.

Khidmatnya suasana Idul Fitri semakin terasa dengan terbangunnya suasana kebersamaan yang penuh dengan rasa kekeluargaan di antara para jamaah dan warga masyarakat Indonesia dalam acara silaturahmi seusai pelaksanaan Shalat `Ied.

Suasana kehangatan dirasakan dengan jamuan ketupat sayur dan opor ayam, sambal goreng hati sapi, aneka jajanan pasar, serta beragam hidangan nusantara lainnya.

Ekspresi keceriaan dan kegembiraan terpancar di wajah para hadirin sebagai bentuk kebahagiaan dalam merayakan hari kemenangan bersama setelah menjalankan Ibadah Pusasa di bulan suci Ramadhan.

Perayaan Idul Fitri 1434 H sekaligus puncak dari rangkaian kegiatan keagamaan yang berlangsung selama bulan Ramadhan di PTRI Jenewa diantaranya berupa Shalat Tarawih berjamaah, peringatan Nuzulul Quran, I'tikaf, serta Takbiran menjelang 1 Syawal 1434 H, di bawah koordinasi Kelompok Pengajian Islam ¿Nurul Iman¿ asuhan PTRI Jenewa.***4***
(ZG/c/a011
arnaz
(T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 09-08-2013 06:46:35

Tidak ada komentar: